Tuesday, February 7, 2023
HomeSudut PandangAli Hanapiah KNPI: Begini Langkah-Langkah Menjadi Entrepreneur Sukses!

Ali Hanapiah KNPI: Begini Langkah-Langkah Menjadi Entrepreneur Sukses!

Sekjen DPP KNPI Moh Ali Hanapiah saat menjadi moderator dalam acara dialog nasional bertajuk “Muda Berpolitik 2024”, di Gedung Pemuda Kantor DPP KNPI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada Senin (16/1/2023). (foto: itimewa)

JAKARTA – Sekjen DPP KNPI Moh. Ali Hanapiah mengatakan bahwa konsep yang tertuang di dalam buku Investor of Change pemuda pembawa perubahan sangat layak menjadi acuan buat pemuda di Indonesia untuk menjadi entrepreneur ke depannya.

“Perlu diketahui bersama Ketua MPI kita Fahd El-Fouz A Rafiq adalah salah satu contoh entrepreneur sukses yang bisa kita jadikan acuan,” ucapnya pada Kamis, (19/1/2023) pada media ini, Kamis (19/1/2023).

Karena itu, bukan hanya pujian yang ia berikan pada sosok idolanya itu, melainkan pula berkenan berbagi tips dan langkah kongkret agar bisa menjadi entrepreneur sukses yang ia pelajari dan jalani dari Fahd El-Fouz A Rafiq.

Ali menjelaskan bahwa generasi Z dan Y adalah generasi yang suka akan tantangan dan perubahan. Tidak ada salahnya kita dorong dua sikap itu untuk menjadi entrepreneur muda sukses di masa mendatang. Apalagi generasi ini sudah melek dengan teknologi dan sangat akrab dengan gadget atau gawai,” imbuh Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Banten itu.

Menurut Ali untuk menjadi pengusaha sukses adalah melakukan segalanya dengan penuh totalitas. Caranya, menurut Ali adalah mencintai apa yang dikerjakan dan tidak setengah-setengah apabila tidak ingin hasilnya juga setengah-setengah.

“Lakukan sesuai passion anda. Contoh passion anda lebih ke menjadi pengusaha camilan maka buka gerai kecil-kecilan yang bertemakan anak muda atau jika anda suka akan otomotif bisa membuat usaha skotlet, variasi motor dan mobil sambil buka bengkel karena ini sangat digandrungi oleh anak muda,” paparnya penuh semangat.

Selain itu, hal terpenting yang kerapkali dilupakan anak muda adalah menikmati proses dan tidak terburu-buru.

“Bisnis harus kita lakukan selangkah demi selangkah. Nikmati prosesnya dan jangan langsung loncat jauh! Mulailah dari resiko yang paling kecil. Dari situ maka akan belajar mencari peluang dan melihat minat pasar,” tukasnya.

Hal yang tak kalah penting dalam menjalani proses, menurut Ali, adalah memiliki rasa percaya diri dan yakin.

“Promosikan bisnis anda lewat platform media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dan lainya. Gunakan google ads dan sejenisnya. Ini penting karena sekarang langkah-langkah ini menjadi kiblat promosi generasi digital. Ga boleh diem, aktif dan pede promosi produk atau bisnis kita dengan mengikuti tren yang digandrungi anak muda,” sarannya.

Mampu menentukan visi dan misi dengan berani mencoba dan take action segera untuk merealisasikan ide-ide bisnis serta membiasakan diri untuk berpikir out of the box atau kreatif sehingga bisa jeli melihat peluang juga menjadi karakter penting pengusaha sukses.

“Jika sudah maka tinggal fokus dan konsisten. Sebelum mulai bisnis baru pastikan terlebih dahulu bisnis pertama stabil setelah itu baru kembangkan usaha anda. Fokus ini penting karena banyak anak muda mudah tergoda mencoba terus tapi enggan konsisten untuk mensukseskan bisnis rintisan awalnya terlebih dahulu,” ujarnya mengingatkan.

Ali juga menekan akan urgensi untuk terus belajar dengan menggali informasi dan tidak boleh cepat merasa puas.

“Terus belajar karena dunia bisnis itu fluktuatif. Ketinggalan informasi peluang bisa lewat begitu saja, jadi teruslah gali informasi.

Terakhir hal seharusnya menjadi pengikat adalah memiliki target pasar. Menurut Ali memiliki target pasar terutama mengarah pada bagaimana memenuhi kebutuhan masyarakat terkini dan pasar empuk yang mudah digarap.

“Jangan lupa utamakan kualitas karena itu sangat penting. Dengan kualitas maka pasar yang anda target akan terus membeli dan membeli lagi produk anda karena produk anda menjawab kebutuhan mereka.

Ali berharap tips dan langkah yang ia berikan bisa jadi modal awal untuk melangkah menjadi entrepeneur sukses bagi anak muda ke depan.

“Tetap semangat. Jangan menyerah dan terus berinovasi untuk bangsa dan negeri ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menggelar dialog nasional bertajuk “Muda Berpolitik 2024”, bertempat di Gedung Pemuda Kantor DPP KNPI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada Senin (16/1/2023) malam.

Dialog nasional tersebut menghadirkan enam narasumber yaitu Ketua Umum DPP KNPI Ilyas Indra, Ali Hanafiah (Sekjen DPP KNPI) yang juga sebagai moderator, Ali Wongso Sinaga (Ketua Umum Depinas Soksi), Devanda Aditia Putera (Ketua Harian DPP KNPI), Fauzan Fadel Muhammad (plt Ketua Partai Golkar Jakarta Selatan), Drs Ahmad Yani Pandjaitan (Ketum DPP PM Kamtibmas), Sukri Rahmatullah (Aktivis 98/Jurnalis), dan Doli Sangadji (Ketum Pemuda Persatuan PPP).

(asw/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular