Wednesday, May 22, 2024
HomeEkonomikaViral Kode 729 Atau 871 Adalah Produk Israel, Benarkah?

Viral Kode 729 Atau 871 Adalah Produk Israel, Benarkah?

Ilustrasi soal nomor barcode yang dikampanyekan bahwa dia adalah produk Israel. (foto: istimewa)

SURABAYA – Akhir-akhir ini kita membaca bahwa produk dengan barcode yang dimulai dengan angka 729 menunjukkan asal produk tersebut, yaitu Israel. Belakangan, kode ini konon sudah diubah dengan nomor lain semisal yang ramai adalah 841 atau 871. Bagaimana penjelasan sebenarnya soal ini?

Sistem penomoran barcode memang mengandung informasi tentang negara asal suatu produk, namun bukan berarti kode yang dimulai dengan angka 729 secara khusus menunjukkan negara asal tertentu. Kode ini lebih merupakan bagian dari sistem penomoran yang lebih luas yang dikenal sebagai GTIN (Global Trade Item Number).

GTIN adalah identifikasi unik untuk setiap item yang diperdagangkan di seluruh dunia. Tiga digit awal dalam GTIN biasanya menunjukkan negara yang mendaftarkan kode tersebut.

Meskipun 729 adalah kode yang terdaftar di Israel, hal ini tidak berarti bahwa setiap produk dengan kode GTIN yang dimulai dengan 729 berasal dari Israel.

Kode GTIN biasanya digunakan untuk mengidentifikasi produk secara global, terlepas dari negara tempat produk tersebut diproduksi atau didistribusikan.

Jadi, sementara kode awalan dalam GTIN bisa memberikan petunjuk tentang negara pendaftar, penggunaan kode ini lebih kompleks dan tidak selalu mencerminkan negara asal produk tersebut.

Kepemilikan Perusahaan Produk Makanan

Lantas, adakah cara tertentu untuk mengenali secara spesifik asal negara suatu produk?

Untuk mengidentifikasi secara spesifik asal negara suatu produk, kita bisa melihat beberapa petunjuk pada kemasan atau label produk. Berikut adalah beberapa cara umum untuk melakukan hal tersebut:

Negara Asal Pada Label

Produk seringkali mencantumkan negara asalnya secara jelas di label atau kemasan. Cari informasi ini di bagian belakang atau samping produk.

Kode Negara

Beberapa produk mungkin memiliki kode negara yang mencakup dua huruf yang merupakan standar ISO 3166-1 untuk kode negara. Misalnya, “ID” untuk Indonesia. Kode ini kadang-kadang terdapat pada label atau kemasan.

Informasi Pabrik

Anda juga dapat mencari informasi pabrik atau produsen yang terdaftar pada label. Ini bisa memberi petunjuk tentang lokasi produksi.

Periksa Website Produsen

Produsen sering memiliki informasi lebih lanjut tentang produk mereka di situs web mereka, termasuk asal produk.

Cek Dokumen Impor

Jika produk diimpor, Anda dapat memeriksa dokumen impor atau pelabelan yang mungkin mencantumkan informasi asal negara.

Tanyakan Penjual atau Distributor

Jika Anda masih tidak yakin, tanyakan kepada penjual atau distributor produk tersebut.

Perlu diingat bahwa asal negara suatu produk dapat bervariasi, terutama untuk merek internasional yang diproduksi di berbagai lokasi. Karena itu, penting untuk mengandalkan informasi yang diberikan oleh produsen atau label produk untuk menentukan asal negara suatu produk.

(AT/AI/BTI)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular