Saturday, April 27, 2024
HomePolitikaKeamananTurunkan Angka Kecelakaan Jelang Ramadhan, Polda Jateng Gelar Operasi Keselamatan Lalin 2024

Turunkan Angka Kecelakaan Jelang Ramadhan, Polda Jateng Gelar Operasi Keselamatan Lalin 2024

Operasi keselamatan berlalu lintas oleh Polri. (foto: humas polri)

Semarang, – Operasi Keselamatan lalu lintas 2024 yang kini berlangsung, merupakan kegiatan untuk menciptakan masyarakat yang tertib berlalu lintas menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

Banyaknya korban jiwa dan kerugian materi akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya menjadi perhatian tersendiri bagi Polda Jateng. Pasalnya, mayoritas kecelakaan terjadi akibat kesalahan manusia (human error) sebab para pengendara kurang kesadaran terhadap aturan keselamatan berkendara di jalan raya.

“Mengurangi laka lantas dan mengedukasi masyarakat untuk disiplin berlalulintas lintas serta peduli terhadap keselamatan di jalan raya adalah inti dari pelaksanaan operasi keselamatan berlalulintas,” ungkap Kasatgas Humas Operasi Keselamatan 2024, AKBP Eko Kurniawan SH, Mkn, pada Rabu (6/3/2024) di Mapolda Jateng.

Dirinya berharap, kecelakaan lalu lintas akan menurun signifikan setelah operasi ini berakhir dan akan terlihat dampaknya nanti pada saat pengamanan arus mudik bulan April 2024.

Guna mencapai tujuan tersebut, Polda Jateng menggelar berbagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas antara lain penyuluhan pada pengguna kendaraan pribadi hingga komunitas ojek, lingkungan perusahaan serta lingkungan pendidikan.

“Untuk lingkungan pendidikan dilakukan mulai tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Tentu saja, penyuluhannya dilakukan dengan pendekatan yang berbeda sesuai kondisi psikologis anak-anak dan para remaja,” tandas AKBP Eko.

“Lingkungan pesantren juga akan dikunjungi. Untuk yang ini, kita akan menggandeng para tokoh agama,” ungkapnya lagi.

Selain itu, upaya penyuluhan juga dilakukan lewat media elektronik, media sosial dan media online.

“Program-program ini dilaksanakan menyeluruh di tingkat Polda hingga polres jajaran. Diharapkan gaungnya cukup terasa sehingga masyarakat menjadi lebih peduli tentang disiplin berlalulintas dan keselamatan di jalan raya,” terangnya.

Kabid Humas Polda Jateng KombesPol Satake Bayu Setianto turut menghimbau masyarakat agar menjadi lebih disiplin semasa Operasi Keselamatan lalu lintas sedang digelar.

“Kedisiplinan berlalu lintas sangat bermanfaat bagi masyarakat sendiri terutama untuk mengurangi angka kecelakaan yang selama ini angka nya cukup besar, mari jadikan keselamatan lalu lintas sebagai sebuah kebutuhan,” pungkasnya.

(alfa/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular