Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomeSains TeknologiKesehatanSopimeal Gummy, Karya Kreatif Mahasiswa Unair Untuk Cegah Stunting

Sopimeal Gummy, Karya Kreatif Mahasiswa Unair Untuk Cegah Stunting

Sopimeal Gummy, Karya Kreatif Mahasiswa Unair Untuk Cegah Stunting
Wujud Sopimeal Gummy karya kreatif mahasiswa Unair untuk membantu program cegah stunting. (foto: istimewa)

Surabaya, – Generasi muda Indonesia rupanya tak ingin berpangku tangan. Mereka terus berinovasi menghadirkan produk kreatif dalam memecahkan permasalahan di Indonesia, salah satunya stunting yang masih menjadi perhatian utama bidang kesehatan dalam membentuk insan yang cerdas dan sehat masa depan.

Karena itulah, melalui Program Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Kewirausahaan tahun 2024, sejumlah pemuda asal Universitas Airlangga Banyuwangi yaitu Dian Wahyu Wardani, Syahrul Novenda Ramadhany, Dwi Nanda Rachman, Anzilika Avia Syafitri, dan Siti Nur Anisatul Khariroh menghadirkan karya yang mereka beri nama Sopimeal Gummy.

Pada media ini, Syahrul Novenda Ramadhanny mengatakan Sopimeal Gummy merupakan permen gummy sehat. Olahan pangan yang lembut dan keras menjadi salah satu makanan yang disukai oleh anak kecil. Lewat inovasi berbasis cemilan tersebut akan mencegah stunting balita dengan peningkatan angka kecukupan gizi.

“Gummy ini banyak disukai anak balita karena mudah untuk dikonsumsi bagi anak-anak,” ujarnya memberikan alasan mengapa ia dan timnya mengambil karya itu untuk program kreativitas Mahasiswa.

Menurut Syahrul, terdapat tiga bahan utama penyusun permen kenyal itu yaitu bayam, kedelai dan oatmeal. Bayam memiliki kandungan gizi yang baik untuk pencegahan stunting seperti energi, protein, lemak dan karbohidrat serta dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Bayam hijau memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

“Kebutuhan zat besi pada balita digunakan untuk memproses oksigen dalam darah dan membentuk sel darah merah di sumsum tulang,” paparnya.

Kedelai, lanjutnya, merupakan salah satu sumber protein nabati. Kadar protein yang tinggi dalam kedelai dapat menjadi upaya untuk mengatasi stunting pada anak serta memperbaiki dan menggantikan sel yang rusak jika diperlukan. Oatmeal memiliki kandungan protein, karbohidrat, serat, mineral, serta lemak sehat yang dapat membantu tumbuh kembang balita. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal juga dapat memperlancar sistem pencernaan balita. Memberikan oatmeal pada balita juga dapat membatasi asupan gula tambahan yang dapat menyebabkan obesitas pada anak.

“Dengan kandungan zat gizi yang banyak pada oatmeal, maka oatmeal juga dapat dipercaya untuk dapat mencegah stunting,” tuturnya.

Karena itulah, Syahrul dan timnya berharap lewat inovasi produk Sopimeal Gummy, dapat membantu dan berkontribusi dalam pemenuhan angka kecukupan gizi guna mencegah stunting.

“Harapannya bisa membantu upaya pengentasan stunting sehingga mencapai penurunan angka kejadian stunting di Indonesia hingga sebesar 14%,” pungkasnya.

(khefti/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular