Friday, January 27, 2023
HomeEkonomikaDaerahSinergi Bhabinkamtibnas Dan Kades Tumbuhkan Kreativitas Pemuda Desa Hasilkan Mesin Cacah Plastik

Sinergi Bhabinkamtibnas Dan Kades Tumbuhkan Kreativitas Pemuda Desa Hasilkan Mesin Cacah Plastik

Pengecekan uji coba prototipe mesin cacah plastik oleh Kepala Desa Sumbernangka Agus Salim, S.E (tengah, berkacamata) dan Sekretaris Kecamatan Arjasa Aynizar Sukma, S.STP., M.AP (ketiga dari diri) ditemani Bhabinkamtibmas Bripa Hamsun Bisri (baju dinas polisi) bertempat di gudang milik M. Israk di Dusun Timur, Desa Sumbernangka, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Senin (16/1/2023) sore. (foto: istimewa)

SUMENEP – Atas kepedulian Bhabinkamtibmas Bripka Hamsun Bisri S., SH. dalam menggugah semangat dan kreativitas pemuda Desa Sumbernangka Kecamatan Arjasa, Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Senin (16/1/2023) akhirnya dapat dilakukan pengecekan uji coba prototipe mesin cacah plastik oleh Kepala Desa Sumbernangka Agus Salim, S.E dan Sekretaris Kecamatan Arjasa Aynizar Sukma, S.STP., M.AP bertempat di gudang milik M. Israk di Dusun Timur ditemani sejumlah perangkat desa.

“Saya sangat mengapresiasi karena pak Kades mampu mengangkat kreativitas dari pemuda lokal yang ada di Desa Sumbernangka,” ujar Aynizar saat memberikan sambutan.

Aynizar meminta kreativitas yang ada tidak berhenti sampai pada tahapan prototipe saja namun dapat dikembangkan lebih jauh lagi.

“Jangan hanya sampai disini saja. Harapan kami juga mampu mengimplementasikan sample ini menjadi alat produksi yang dibutuhkan banyak orang dan menghasilkan produksi yang lebih besar untuk kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Agus Salim selaku Kepala Desa Sumbernangka mengatakan bahwa ide mengenai mesin cacah plastik sebenarnya tidak berangkat hanya dari dirinya saja.

“Sebenarnya bukan hanya dari saya pribadi, namun berawal dari sharing dengan banyak orang terutama dengan pemuda dan bantuan dari pak Bhabin yang sangat peduli dengan kemajuan Desa Sumbernangka,” ujarnya merendah saat diminta memberikan sambutan dalam acara tersebut.

M. Israk menunjukkan cara kerja mesin cacah plastik (prototipe) kepada aparat Kecamatan Arjasa, perangkat Desa Sumbernangka dan Bhabinkamtibmas Bripka Hamsun Bisri di bengkel miliknya di Dusun Timur, Senin (16/1/2023). (foto: istimewa)

Menurut Agus Salim, masih ada banyak hal dan program lain yang akan pihaknya tindaklanjuti ke depannya yang sudah sempat dibicarakan bersama Bhabinkamtibmas.

“Beberapa perencanaan ini tidak hanya sebatas diskusi namun akan kami eksekusi ke depan sebagai grand design dari Desa Sumbernangka. Produk ini Alhamdulillah sudah kita laksanakan, walaupun hanya sekedar prototipe, namun kami membuktikan bahwa di Desa kami ada potensi pemuda yang ke depannya kami rencanakan untuk produksi sesuai dengan kebutuhan,” tandas Agus Salim.

Pada kesempatan yang sama, Bripka Hamsun Bisri mengatakan bahwa pihak Polsek Kangean khususnya dirinya selaku Bhabinkamtibmas Desa Sumbernangka sangat mengapresiasi adanya akselerasi perencanaan Kepala Desa.

“Beliau (kades, red.) ini energik dan masih muda. Banyak sekali program untuk memajukan Desa Sumbernangka. Semoga ke depannya mampu membawa Desa Sumbernangka menjadi Desa yang maju dan mandiri. Kami sebagai Bhabinkamtibmas akan mendukung penuh program Kepala Desa untuk memajukan Desa Sumbernangka,” tukasnya.

(bis/bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular