Wednesday, February 28, 2024
HomePolitikaDaerahSenator Dailami Firdaus: Liburan Panjang, Jangan Lupa Bawa Kartu BPJS!

Senator Dailami Firdaus: Liburan Panjang, Jangan Lupa Bawa Kartu BPJS!

kartu BPJS cakrawarta
ilustrasi. (foto: bpjs kesehatan)

JAKARTA – Masyarakat dihimbau agar tidak lupa membawa kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam menghadapi liburan panjang di akhir tahun 2017 dan memasuki tahun 2018. Demikian disampaikan oleh senator DKI Jakarta Dailami Firdaus.

“Masyarakat peserta JKN-KIS yang sedang berlibur di luar kota bisa dapat langsung berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat,” ujar Bang Dailami -sapaan akrab Dailami Firdaus- kepada redaksi cakrawarta.com

Untuk prosedurnya, Bang Dailami menjelaskan bahwa peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Intinya sebagaimana apa yang sudah diinformasikan oleh pihak BPJS. Namun harus diingat pastikan kartu BPJS yang dibawa aktif ya,” imbuhnya.

Jika ada kendala dalam proses penggunaan kartu BPJS selama masa liburan panjang di luar daerah itu baik itu dalam jaminan kesehatan maupun pelayanan kesehatan, Bang Dailami menyatakan agar masyarakat tidak ragu untuk menghubungi call center Relawan Kesehatan Indonesia.

“Kalau ada apa-apa langsung hubungi saja nomor 0896 2895 8601. Itu Call Center Relawan Kesehatan Indonesia,” ujar Bang Dailami yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Relawan Kesehatan (REKAN) Indonesia.

Bang Dailami berharap dan ingin memastikan masyarakat bisa mendapatkan serta mengakses hak-haknya, terutama hak kesehatan pada saat di luar wilayah tempat tinggal mereka, khususnya disaat momen-momen hari besar dan liburan seperti pada akhir dan awal tahun kali ini.

“Kami sering mendapatkan laporan perihal sulitnya pengunaan Kartu JKN-KIS apabila di luar wilyah peserta berdomisili, oleh karena itu bila didapati kejadian seperti itu, maka masyarakat jangan ragu menghubungi Call Center REKAN Indonesia. Nanti pasti ditindaklanjuti,” tandas putra mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan¬†Tuty Alawiyah tersebut.

(ep/bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular