Wednesday, April 17, 2024
HomePolitikaDaerahPerluas Lahan Ketahanan Pangan, Danrem 081/DSJ Perintahkan Dandim Jeli Manfaatkan Potensi

Perluas Lahan Ketahanan Pangan, Danrem 081/DSJ Perintahkan Dandim Jeli Manfaatkan Potensi

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono saat menyampaikan amanat kepada para Dandim di jajarannya melalui Vicon dari Rupat Merak Jaya, Makorem, Kota Madiun, Kamis (14/3/2024). (foto: arwang)

Madiun, – Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari maupun untuk pertanian.

Mengingat pentingnya air sebagai sumber kehidupan, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono memerintahkan satuan jajarannya untuk mencari titik-titik lokasi sumber air yang dibutuhkan masyarakat.

“Mari kita berpacu dengan waktu untuk mencari sumber air, baik untuk kebutuhan air minum maupun pertanian,” kata Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono kepada para Dandim di jajarannya melalui Vicon dari Rupat Merak Jaya, Makorem, Kota Madiun, Kamis (14/3/2024).

“Segera terjun langsung ke lapangan, data dan dilaporkan, minimal tiap satuan ada 5 titik sasaran,” tambahnya.

Lanjutnya, terkait bidang ketahanan pangan, apabila dalam pelaksanaannya dilakukan melalui kerja sama dengan pihak lain, Danrem ingin supaya dilengkapi dengan adanya surat kerja sama atau MoU.

Sedangkan untuk lebih mengoptimalkan berbagai upaya ketahanan pangan yang tengah gencar dilakukan, Pamen TNI AD itu menekankan untuk memperluasnya dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada.

“Seperti di daerah Beringin, Ngawi, di sana ditanami jagung seluas 200 hektar. Tentunya ini peluang untuk dilakukan peternakan kambing, domba, atau sapi. Karena limbah jagung yang ada dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi hewan ternak,” bebernya.

“Hal-hal seperti itu yang harus bisa benar-benar dimanfaatkan. Dandim harus jeli, jangan mudah berpuas diri dengan apa yang sudah dilakukan,” tegasnya.

Di ujung arahannya, Danrem memotivasi para Dandimnya untuk terus terjun ke lapangan guna membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan di wilayah.

“Jangan takut kesusahan, kita harus mencari dan terjun ke lapangan. Kalau kita tidak terjun langsung, sasaran tidak akan mungkin dapat kita rebut,” pungkasnya.

(arwang/tom)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular