Peringati Hari Jadi, REKAN Indonesia Kerjasama Dengan PMI Gelar Donor

0 21

Ketua nasional Relawan Kesehatan (REKAN) Indonesia Agung Nugroho pada sesi foto bersama seusai acara program donor darah di Gedung PMI DKI Jakarta Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (13/12/2020). 

JAKARTA – Memperingati hari jadi ke-9, Relawan Kesehatan (REKAN) Indonesia menggelar kegiatan donor darah di Gedung PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (13/12/2020).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) Pengurus PMI DKI Jakarta, H. Syarifuddin, Perwakilan Polres Jakarta Pusat, AKBP Fariyal Rasip, dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Sudin Kesehatan Jakarta Pusat dr. Ahmad.

Jumlah peserta donor sebanyak 71 dari target 100 orang, untuk yang lolos donor sebanyak 59 orang dari jumlah peserta donor.

Ketua Bidang PSD Pengurus PMI DKI Jakarta, H. Syarifudin menyatakan bahwa PMI DKI Jakarta sangat mengapresiasi kepedulian Rekan Indonesia terhadap kebutuhan darah di PMI DKI Jakarta.

“Mewakili Ketua PMI DKI Jakarta, kami sangat mengapresiasi keterlibatan Rekan Indonesia dalam kegiatan donor darah,” ujar Syarifuddin didampingi Kepala Bagian Umum Markas PMI DKI Jakarta, Abdurrahman.

Menurut dia, setiap hari kebutuhan darah di PMI DKI sebanyak 1.000 kantong darah. Sehingga diperlukan kerelawanan warga, baik secara pribadi maupun komunitas agar ketersediaan darah dapat terpenuhi.

Dalam kesempatan yang sama, AKBP Fariyal Rasip juga mendukung sepenuhnya kegiatan donor darah yang diadakan oleh Rekan Indonesia.

“Donor darah adalah bagian dari kegiatan kemanusiaan yang mulia, apalagi di tengah pandemik Covid-19 seperti sekarang dimana kebutuhan darah meningkat,” kata Fariyal.

Sementara itu, Ketua Nasional REKAN Indonesia, Agung Nugroho mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah ini akan menjadi kegiatan rutin REKAN Indonesia dan bergulir di seluruh kepengurusan REKAN Indonesia di 29 Provinsi.

“Sebulan yang lalu KPD Lampung Timur juga mengadakan donor darah, disusul oleh KPD Jakarta Utara di kantor PMI Jakarta Utara. Dua minggu lalu KPD Kabupaten Serang juga mengadakan donor darah di desa Nagara,” ungkap Agung Nugroho.

Agung mengajak kepada seluruh anggota Rekan Indonesia di 29 Provinsi untuk juga menggiatkan kampanye donor darah di tengah warga agar semakin banyak warga yang ikut mendonorkan darahnya.

(bm/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.