Sunday, April 14, 2024
HomeInternasionalPemerintah Indonesia Sukses Selamatkan 12 WNI di Somalia

Pemerintah Indonesia Sukses Selamatkan 12 WNI di Somalia

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal.
Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal.

JAKARTA – Perwakilan Indonesia berhasil mengamankan 12 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di Somalia. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Lalu Muhammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Senin (10/8).

Menurut Iqbal, sebelumnya perwakilan Indonessia di Nairobi, Kenya telah beerkoordinasi dengan kepolisian Puntland, Somalia. Hasilnya, seluruh 32 ABK kapal Al-Aman termasuk 12 ABK WNI berhasil dievakuasi.

“KBRI Nairobi sudah berhasil melakukan kontak dengan 12 WNI. Mereka semua dalam keadaan sehat dan saat ini tinggal di hotel Alsaba, Kota Garowe, Puntland, Somalia,” ujar Iqbal.

Saat ini, pihak Kemenlu terus berkoordinasi dengan pemilik kapal. Tujuannya untuk memastikan para WNI bisa diterbangkan secepat ke Nairobi. Selanjutnya, Iqbal menerangkan, kemungkinan para korban akan diterbangkan ke Indonesia atau Oman.

“Pemulangan bisa saja ke indonesia atau ke port of origin di Salalah, Oman. Yang pasti kita akan kawal supaya mereka mendapatkan hak-hak mereka,” tuturnya.

Laporan sementara, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan moda air di Somalia ini. Sebelumnya kapal milik perusahaan Yaman itu Kandas di perairan Somalia pada 4 Agustus lalu akibat terhempas badai. Dari 32 abk kapal tersebut, 12 adalah WNI, termasuk kapten kapal. Sementara sisanya adalah warganegara Vietnam dan Kenya.

(msa/bti).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular