Wednesday, May 22, 2024
HomePendidikanNgalap Berkah Ramadan, Anak-anak TBM Lentera Pustaka Tuntaskan Khataman ke-4

Ngalap Berkah Ramadan, Anak-anak TBM Lentera Pustaka Tuntaskan Khataman ke-4

Anak-anak pembaca aktif dan orang tua TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menuntaskan khataman ke-4, Sabtu (6/4/2024). (foto: Yunus)

Bogor, – Anak-anak pembaca aktif dan orang tua yang tergabung di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menuntaskan khataman ke-4 setiap Sabtu selama Ramadan, plus berbagi takjil di jalanan, Sabtu (6/4/2024). Dihadiri 60-an anak pembaca aktif, TBM Lentera Pustaka sekaligus menutup aktivitas “Ngabubu Read Ramadan Ceria” selama bulan puasa. Acara khataman ke-4 dipimpin langsung Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka, sedangkan doa bersama dipimpin Danang dan Evan (anak pembaca aktif). Setelah khataman, anak-anak pun membagikan takjil sebagai makanan berbuka puasa di jalanan dekat taman bacaan.

Selama bulan ramadan, anak-anak TBM Lentera Pustaka dilatih membaca buku umum dan tadarusan, sesuai 30 kelompok yang ada. Satu kelompok ditugaskan menyelesaikan 1 juz selama 3 hari seminggu. Dan setiap hari Sabtu melakukan khataman Al Quran. Itu berarti, selama ramadan, anak-anak TBM Lentera Pustaka secara “keroyokan” menuntaskan khataman 4 kali. Selain untuk membaca kitab sucinya, kegiatan “ngabubu read” juga bertujuan untuk membentuk akhlak dan adab anak-anak usia sekolah sekaligus pembaca aktif di taman bacaan.

Menariknya, para ibu yang mengantar anaknya ke taman bacaan pun ikut khataman. Sebagai komitmen membantu bacaan tadarus si anak. Sebuah tradisi literasi yang inklusif terjadi di taman bacaan, yang melibatkan para ibu. Sambil pamit pulang, anak-anak dan para ibu pun bersalaman dengan wali baca dan relawan. Sebagai cara sederhana untuk melebur dosa dan kesalahan jelang lebaran. Karena selama lebaran, TBM Lentera Pustaka pun libur dan aktivitas taman bacaan baru dimulai lagi pada 21 April 2024.

“Alhamdulillah, keluarga besar TBM Lentera Pustaka telah tuntaskan 4 kali khataman selama ramadan. Zakat mal yang disalurkan pun lebih dari Rp. 20 juta. Selain terus memelihara praktik baik di taman bacaan, semoga warga di taman bacaan ini selalu mendapat berkah melimpah setelah ramadan. Sekaligus TBM Lentera Pustaka menyampaikan selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin” ujar Syarifudin Yunus di TBM Lentera Pustaka di Bogor.

Sambil berjalan pulang ke rumahnya, anak-anak TBM Lentera Pustaka tampak sumringah sepulang dari taman bacaan. Sebagai kelapangan hati, setelah menuntaskan bacaan khataman Al Quran selama puasa. Sebuah budaya membaca buku yang selalu melekat dan bermanfaat bagi warga. Untuk mewujudkan generasi muda dan masyarakat yang lebih literat. Salam literasi.

(Yun/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular