Tuesday, February 27, 2024
HomeBerita AllMuhammadiyah: Soal Insiden Mina, Kami Turut Berduka Cita

Muhammadiyah: Soal Insiden Mina, Kami Turut Berduka Cita

download (1)

JAKARTA – Terkait insiden Mina di Arab Saudi yang menewaskan ratusan korban mengundang ucapan bela sungkawa yang sangat mendalam dari berbagai pihak. Muhammadiyah sebagai salah satu ormas terbesar di Indonesia melalui Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, melalui keterangan tertulisnya menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian tersebut.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya jamaah haji saat melontar jumrah.  Semoga mereka husnul hatimah, diterima seluruh amalnya dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.  Keluarga yang ditinggalkan semoga bersabar dan mengikhlaskan kepergian mereka yang wafat di jamarat,” ujar sekretaris PP Muhammadiyah yang baru terpilih Agustus lalu pada Muktamar di Makasar.

Abdul Mu’ti menambahkan, Muhammadiyah juga memiliki harapan terhadap Pemerintah Indonesia, khususnya para petugas haji di Arab Saudi. Adapun harapan itu adalah:

  1. Membantu mengevakuasi dan mengidentifikasi para korban jamaah haji Indonesia baik yang meninggal maupun luka-Kula;
  2. Membantu dan memastikan agar mereka yang sakit atau terluka mendapatkan perawatan yang terbaik serta dapat memenuhi  semua rukun dan wajib haji dengan sempurna. Jika benar- benar diperlukan agar menyediakan badal dan biaya dam haji;
  3. Kepada para pembimbing ibadah haji baik Pemerintah atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) agar memberikan pendidikan dan penyadaran kepada jamaah haji agar melaksanakan haji pada waktu yang syah tidak harus pada waktu utama, mengutamakan keselamatan dan kesehatan jamaah haji.

(am/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular