Monday, April 15, 2024
HomeBerita AllMendagri: Kapanpun Ada Reshuffle, Menteri Harus Siap

Mendagri: Kapanpun Ada Reshuffle, Menteri Harus Siap

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo

JAKARTA – Kuatnya dugaan akan adanya pergantian menteri dalam Kabinet Kerja oleh Presiden Joko Widodo akhirnya mendapatkan respon dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Menteri yang juga politikus PDIP itu memasrahkan semuanya pada Presiden. Menurutnya pergantian menteri sepenuhnya hak penuh kepala negara.

Tjahjo menambahkan seandainya memungkinkan pergantian menteri dilakukan setiap hari pun, para Menteri harus siap. Karena seluruh Menteri pada dasarnya adalah pembantu Presiden maka mereka dituntut untuk menaati perintah pimpinan walau tak suka sekalipun.

“Kami sebagai pembantu Presiden, tentunya nurut instruksi yang disampaikan bapak presiden. Seluruh menteri mau ada reshuffle tiap hari, enam bulan, setahun, itu hak presiden. Kami harus siap,” ungkap Tjahjo saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (10/5).

Mendagri menilai Presiden Joko Widodo bakal memutuskan kebijakan terkait pergantian menteri secara bijaksana. Ada data evaluasi tentang para menteri yang dipegang Jokowi. Data tersebut diyakini menjadi pegangan untuk menilai kinerja menteri.

“Beliau punya mata dan telinga yang merekam semua yang dilakukan para menteri yang beliau pilih,” pungkas Tjahjo. (MSA/BTI)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular