Wednesday, April 17, 2024
HomeSosokKombes Pol Agus Sudaryanto, Biroprovos Divpropam Mabes Polri Jadi Lulusan Terbaik Program...

Kombes Pol Agus Sudaryanto, Biroprovos Divpropam Mabes Polri Jadi Lulusan Terbaik Program Doktoral Fakultas Hukum Unair

Kombes Pol Agus Sudaryanto, Biroprovos Divpropam Mabes Polri berfoto bersama Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CA dalam momen wisuda dirinya di Gedung Airlangga Convention Center Kampus C Unair, Surabaya, Sabtu (2/3/2024). (foto: pkip)

Surabaya, Kombes Pol Agus Sudaryanto menjadi salah satu sosok yang berhasil pada wisudawan Universitas Airlangga (Unair) periode 241. Pasalnya, ia sukses menjadi wisudawan terbaik jenjang S3 Fakultas Hukum dengan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94.

Agus bercerita, awal mula ia mulai berkuliah di Unair adalah pada tahun 2019 karena melihat atasannya di kepolisian. Namun, lanjut Agus, saat awal mula perkuliahan ia harus menjalani ujian yang cukup berat karena situasi Covid-19.

“Saya diterima menjadi mahasiswa Unair pada tahun 2020, namun karena kondisi Covid- 19, perkuliahan dilaksanakan secara daring. Ditambah lagi, saya harus berpisah dengan keluarga karena saat itu saya pindah tugas ke Polda Metro Jaya,” tutur Agus.

Setelah pindah tugas ke Polda Metro Jaya, Agus naik beberapa pangkat hingga menduduki posisi Analisis Kebijakan Biro Provos Divpropam Mabes Polri sangat relevan. Ia menerangkan, disertasi yang ia selesaikan pada jenjang S3 FH Unair tentang praperadilan sangat relevan dengan posisinya. Apalagi, lanjutnya, terkait permasalahan hukum yang bisa diimplementasikan langsung dalam menjalankan tugasnya.

“Disertasi yang saya jalani pada S3 FH di Unair sangat relevan dengan beban tugas yang saya jalani. Melalui pengetahuan yang saya dapatkan membuat saya lebih yakin dalam memastikan setiap kebijakan Polri sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutur Agus.

Agus mendapat banyak tantangan ketika menjalani perkuliahan, seperti harus membagi waktu antara pekerjaan dan perkuliahan. Hal itu dikarenakan, membagi waktu sebagai anggota kepolisian, kuliah, dan seorang ayah bukanlah hal yang mudah.

“Sebagai seorang anggota polisi, ayah bagi keluarga saya, dan mahasiswa, seringkali saya harus memiliki komitmen besar untuk menghadapinya. Menyeimbangkan antara tugas akademik, pekerjaan, dan kehidupan pribadi dapat menjadi tantangan tersendiri,” tutur Agus.

Agus berpesan pada para mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia dan tetap bersemangat.

“Ingatlah alasan kamu memulai perjalanan ini. Tetaplah fokus pada tujuan akademikmu dan jangan ragu untuk menetapkan target yang jelas dan terukur untuk dicapai,” pungkasnya. (***)

(azz/kef/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular