Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomeEkonomikaKERIS Dan SEMMI Gaspoll Cetak Pengusaha Milenial dan Gen Z, Ronny F...

KERIS Dan SEMMI Gaspoll Cetak Pengusaha Milenial dan Gen Z, Ronny F Sompie: Saya Dukung Penuh Untuk Indonesia Emas!

Ketua Umum KERIS dr. Ali Mahsun (baju merah, tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum SEMMI Bintang Saputra seusai penandatanganan perjanjian kerjasama kedua organisasi itu terkait mempercepat nencetak pengusaha milineals dan gen Z di Sekretariat SEMMI Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/5/2024). (foto: CAKRAWARTA)

Bekasi, – “Di tengah warning terkait data Badan Pusat Statistik (BPS) RI bahwa ada 9,9 juta Gen Z berada dalam kondisi not in employment, education or training (NEET) alias “menganggur”, kami dari Komite Ekonomi Rakyat Indonesia (KERIS) dan Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) gaspoll percepat pencetakan pengusaha milenial gen Z guna sukseskan Indonesia menjemput puncak bonus demografi pada 2045,” ujar dr. Ali Mahsun ATMO, M.Biomed., selaku Ketua Umum KERIS, pada media ini, Jumat (24/5/2024) dini hari.

Ali Mahsun mengatakan hal tersebut, seusai pihaknya melakukan penandatanganan perjajian kerja sama dengan Ketua Umum SEMMI Bintang Wahyu Saputra pada momen peresmian Sekretariat SEMMI Cabang Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (23/5/2024).

Bintang Wahyu Saputra sendiri merupakan seorang tokoh milenial berdarah Yogyakarta dan Betawi menegaskan bahwa semangat berdagang dan berwirausaha mahasiswa dan pemuda, generasi milenial dan gen Z hari ini bangkit. Menurutnya SEMMI ingin menghidupkan kembali ruh Serikat Islam (SI) yang ditelorkan HOS Cokroaminoto dan Serikat Dagang Islam (SDI) oleh H Samanhudi ratusan tahun lalu.

“SEMMI sendiri yang lahir di tahun 1958, kami merasa terpanggil oleh Ibu Pertiwi untuk mencetak generasi penerus bangsa menjadi pengusaha handal dan unggul, serta memajukan ekonomi rakyat Indonesia. Untuk itu, SEMMI bersinergi dan berkolaborasi dengan KERIS sebagai wadah milenial dan gen Z berkreasi dan berinovasi, menggembleng diri menjadi pengusaha handal dan unggul,” ujar Bintang Wahyu Saputra.

Ali Mahsun menambahkan bahwa di tengah tantangan dan persoalan makin kompleks, serta kondisi global makin tidak menguntungkan, Indonesia harus sukses menjemput puncak bonus demografi.

“Saya haqqul yaqin ada adrenalin kejaizan Tuhan yang menyublim pada rakyat dan bangsa Indonesia. Namun ada syaratnya, harus tetap optimis, kerja keras dan cerdas, serta diperuntukkan sebesar-besarnya untuk rakyat, bangsa dan negara,” tegas Ali Mahsun.

Menurutnya, kerjasama KERIS dan SEMMI ini sesuai dengan momentum sejarah perjalanan Indonesia. Dimana SEMMI ketika lahir pada 1958, hadir untuk menjawab persoalan yakni mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Namun kini, SEMMI, pun juga KERIS, Forbis serta seluruh organisasi usaha dan ekonomi rakyat maupun organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan hadir, lanjutnya, adalah untuk menyongsong dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Singkatnya, KERIS dan SEMMI gaspoll mempercepat upaya mencetak pengusaha milenial dan gen Z yang handal dan unggul,” tukas Ali Mahsun yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi PKL Indonesia (APKLI) Perjuangan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina KERIS yang juga mantan Kadiv Humas Polri Irjen Pol (Purn.) Dr. Ronny F Sompie, SH., MH., memberikan ucapan selamatnya atas peresmian Sekretariat SEMMI Cabang Kota Bekasi Jawa Barat. Dirinya juga mengapreasiasi atas ditandatanganinya perjanjian kerjasama KERIS dan SEMMI.

“Saat ini dan ke depan, sinergi dan kolaborasi jadi sebuah niscaya. Kita tidak bisa lagi sendirian. Lebih dari itu, yang dimulai dari kecil, dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan menjadi fondasi ekonomi bangsa yang kokoh. Sebaliknya yang instan umurnya tidak akan panjang. Selaku Ketua Dewan Pembina KERIS, saya dukung penuh kerjasama ini. Tentunya harus segera direalisasikan. Harus disinergikan, dikolaborasikan dengan pemerintah, BUMN maupun swasta. Sekali lagi, saya dukung penuh KERIS dan SEMMI gaspoll mempercepat upaya mencetak pengusaha milenial dan gen Z untuk Indonesia Emas 2045,” tegas pria yang juga mantan Kapolda Bali dan Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI itu.

Pada kesempatan yang sama itu, turut hadir pula Ketua Umum Forbis Jateng dan Jabodetabek, Dr. Slamet Sutrisno; Ketua Umum HIPOLI, Achmad Fadillah beserta jajaran pengurus SEMMI, FORBIS Jateng dan Jabodetabek, KERIS, dan APKLI Perjuangan.

(rils/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular