Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomePolitikaNasionalKasus DPD RI Dapil Jatim: LHKP PDM Surabaya Ingatkan Penyelenggara Tegakkan Etika...

Kasus DPD RI Dapil Jatim: LHKP PDM Surabaya Ingatkan Penyelenggara Tegakkan Etika dan Hukum Pemilu

 

Surabaya, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur membacakan putusan adanya pelanggaran persyaratan calon anggota DPD RI atas nama Kondang Kusumaning Ayu.

Hal ini menurut pertimbangan yuridis Bawaslu didasarkan pada ketentuan perundang-undangan yang melarang calon Anggota DPD RI berstatus masih bekerja sebagai staf atau karyawan di lembaga negara yang keuangannya bersumber dari APBN serta masih menerima gaji hingga terbukti menyampaikan surat pengunduran diri sebelum pencalonan.

Wakil Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya, H.M.I. el Hakim, S.H., M.H., C.L.A., C.C.D.
Wakil LHKP PD Muhammadiyah Kota Surabaya, H.M.I. el Hakim, S.H., M.H., C.L.A., C.C.D. (Foto: CAKRAWARTA)

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya, H.M.I. el Hakim, S.H., M.H., C.L.A., C.C.D. mengatakan bahwa putusan tersebut penting menjadi perhatian semua pihak terutama penyelenggara pemilu.

“Hal ini merupakan vonis yang krusial bagi demokrasi warga Jawa Timur dan harus dikawal karena berkaitan dengan suara rakyat,” ujarnya pada media ini, Jumat (25/5/2024) pagi.

Advokat muda yang kerap dipanggil Cak Hakim ini menambahkan, “putusan Bawaslu Jatim ini harus segera ditindaklanjuti.

“Saya kira penting dan mendesak untuk ditindaklanjuti oleh seluruh pihak terkait baik Bawaslu RI, KPU RI dan Jatim, termasuk institusi lain serta warga Jatim agar wakil rakyat yang terpilih memiliki kapasitas, kapabilitas, dan integritas mengawal amanah konstitusi,” imbuh alumnus FH Unair itu.

Bahkan, menurutnya, selanjutnya Bawaslu Jatim bisa segera menyampaikan putusan tersebut kepada KPU RI di Jakarta untuk ditindaklanjuti mengingat waktu pelantikan calon anggota terpilih semakin dekat.

(rafel/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular