Monday, April 22, 2024
HomeEkonomikaKemenlu: Pakailah Filosofi Rumah Makan Padang

Kemenlu: Pakailah Filosofi Rumah Makan Padang

Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Muhammad Fachir. (Foto: istimewa)
Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Muhammad Fachir. (Foto: istimewa)

JAKARTA – Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Muhammad Fachir menilai perlu filosofi tersendiri dalam bisnis antar negara, hal ini disampaikan saat menjamu delegasi bisnis negara beruang merah itu. Menurutnya, landasan yang pas yakni filosofi rumah makan padang, dimana sang pemilik restoran melayani dengan sebaik-baiknya, melalui berbagai hidangan. Pemilik itu juga berharap, nantinya jika sang pelanggan puas, ia bisa mengabarkan pelayanan dan kualitas produk di rumah makan padangnya.

“Filosofi Rumah Makan Padang dapat digunakan dalam menjalin bisnis antara Indonesia dengan Rusia. Jika puas beritahu teman yang lain dan jika tidak puas cukup beritahu kami,” ujarnya di kantor Kemenlu, Jumat, (4/12).

Dengan kata lain, pebisnis Rusia diharapkan bisa menyampaikan potensi bisnis di Indonesia, kepada pebisnis lainnya. Utamanya membagikan pengalaman kepuasan mereka saat berbisnis dengan pebisnis Indonesia.

“Namun jika terdapat permasalahan, cukup disampaikan kepada kami agar dapat segera dicari penyelesaiannya”, ujar Wamenlu Fachir.

Sementara itu, Alexander Dianov (Deputi Direktur Departemen Asia, Afrika dan Amerika Latin, Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia) yang bertindak selaku Ketua Delegasi Bisnis menyampaikan mengenai tingginya minat pelaku bisnis kedua negara untuk menjalin kerja sama, khususnya di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.

Sebagai penutup, Wamenlu Fachir menyampaikan bahwa peran Kementerian Luar Negeri adalah sebagai “penghulu” yang bertugas untuk mengawinkan potensi bisnis yang dimiliki kedua negara. Peresmian investasi Rusia dalam proyek pembangunan jalur kereta api di Kalimantan Timur beberapa waktu lalu merupakan salah satu contoh bentuk “perkawinan” bisnis yang diharapkan kelak dapat diikuti oleh lahirnya proyek-proyek investasi Rusia lainnya.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular