Tuesday, July 23, 2024
spot_img
HomePendidikanDunia KampusWorkshop FKSPI Manado 2024: Senat Kuat, Mutu Perguruan Tinggi Vokasi Meningkat

Workshop FKSPI Manado 2024: Senat Kuat, Mutu Perguruan Tinggi Vokasi Meningkat

Peserta workshop peningkatan mutu perguruan tinggi vokasi Forum Komunikasi Senat Politeknik Se-Indonesia (FKSPI) berfoto bersama pada hari terakhir di salah satu meeting room, Hotel Ibis Manado, Minggu (28/1/2024). (foto: CAKRAWARTA)

MANADO – Forum Komunikasi Senat Politeknik Se-Indonesia (FKSPI) melaksanakan workshop “Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Vokasi” melalui penguatan peran senat di Manado pada tanggal 25 hingga 28 Januari 2024. Acara berlangsung di dua tempat yakni Poltek Manado (Polimdo) dan Hotel Ibis Manado.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah 50 peserta. Terdiri dari para Ketua dan Sekretaris Senat dari 41 Politeknik dan Akademi Komunitas Negeri se-Indonesia. Melalui kegiatan ini para peserta workshop saling berbagi/sharing informasi dan berdiskusi dalam rangka menguatkan peran Senat untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi vokasi.

Dalam sambutan pada pembukaan workshop, Ketua FKSPI Dr. Firman Arifin, S.T., M.T kembali mengingatkan pentingnya sinergitas antara Direktur dengan Senat Politeknik. Keduanya diibaratkan sebagai suami dan istri dalan sebuah keluarga.

“Pasangan ini (direktur dan senat poltek, red.) sangat penting dijaga harmonisasi hubungannya,” ujar Firman sebagaimana dikonfirmasi oleh media ini, Minggu (28/1/2024).

Direktur, lanjut Firman, yang berperan sebagai suami dan Senat sebagai istri harus saling mengawal dan bekerjasama agar kehidupan ‘rumah tangga’ dapat berjalan secara harmonis.

“Hubungan yang harmonis ini secara konkrit terlihat dari hubungan yang harmonis antara Direktur Politeknik Negeri Manado Mareyke Alelo, M.BA dengan Ketua Senat Ir. Rudolf E.G Mait, S.T., M.T., IPM,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutanya, Direktur Poltek Manado menyampaikan beberapa contoh praktik terbaik (best practice) betapa peran Senat sangat penting dalam menjaga stabilitas kehidupan kampus sehingga program-program kerja institusi dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut lagi, Direktur Poltek Manado berharap, ”melalui FKSPI dapat menyuarakan dan memperjuangkan secara politis agar Pendidikan Tinggi Vokasi mendapatkan kesetaraan hak dan kewajiban dengan Perguruan Tinggi Akademik lain, serta dapat diterima oleh masyarakat sebagai pilihan pertama”.

Dalam sesi pemaparan materi selanjutnya pada hari kedua, para peserta workshop mendapat penjelasan yang sangat komprehensif dari Nara Sumber Biro Hukum Kemendikbudristek tentang Peraturan Mendikbudristek (Permendikbud) Nomor 53 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi.

Dalam sesi tersebut, narasumber menjelaskan secara gamblang dan juga menegaskan pentingnya peran Senat dalam tindak lanjut implementasi Permendikbud tersebut nantinya di tingkat institusi masing-masing.

Tidak cukup hanya menyimak paparan materi yang disampaikan oleh para narasumber, pada sesi selanjutnya, Ketua Senat Poltek Manado sebagai tuan rumah mengajak para peserta untuk secara langsung melihat betapa apiknya pelaksanaan program Teaching Factory (TEFA) oleh para mahasiswa dari Prodi Pariwisata. Para peserta workshop sungguh terpesona dan terinspirasi oleh hospitality dan sajian beragam produk khas Manado yang tersaji cukup lengkap di Kafe POLIMDO.

Rangkaian acara terakhir yang dilakukan peserta workshop adalah meluangkan waktu untuk menikmati beragam pesona local wisdom dan keindahan panorama Manado yang luar biasa.

(fir/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular