Tuesday, February 7, 2023
HomePolitikaKeamananTegaskan TNI Siap Jaga Obvit Nasional, Pangdam V/Brw Kunjungi PLTU Tanjung Awar-awar

Tegaskan TNI Siap Jaga Obvit Nasional, Pangdam V/Brw Kunjungi PLTU Tanjung Awar-awar

Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, MA menerima tanda mata dari  Direktur Operasi Pembangkit Batu Bara PLN Nusantara Power, Rachmanoe Indarto saat dirinya menyambangi PLTU Tanjung Awar-awar di Tuban, Selasa (3/1/2023). (foto: fajar g bua)

TUBAN – Mengawali kunjungan kerjanya di wilayah Jawa Timur, Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, MA menyambangi PLTU Tanjung Awar-awar di Tuban, Selasa (3/1/2023).

Pada kunjungannya itu, Pangdam V/Brawijaya disambut oleh Direktur Operasi Pembangkit Batu Bara PLN Nusantara Power, Rachmanoe Indarto, Senior Manager PLTU Tanjung Awar-awar, Abdi Nafi’ beserta jajaran direksi lainnya.

Sebagai Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf memastikan sejumlah obyek vital nasional (obvit) terjamin keamanannya.

Mengawali kunjungan itu, Rachmanoe Indarto menjelaskan keberadaan PLTU Tanjung Awar-awar sebagai salah satu pembangkit listrik tenaga uap di Indonesia yang berada di bawah PLN Nusantara Power.

“Total beban puncak kebutuhan listrik di Jawa, Madura, dan Bali sebesar 27.547 Megawatt. Saat ini, PLTU Tanjung Awar-awar mampu memasok 646 Megawatt. Sementara kontribusi terhadap Jawa Timur dan Bali mencapai 11.10 persen dan untuk Tuban mencapai 97.52 persen,” ungkap Rachmanoe Indarto.

Adapun Abdi Nafi’ menjelaskan PLTU Tanjung Awar-awar menjadi salah satu PLTU hijau yang dioperasikan menggunakan bahan bakar campuran batu bara dengan sawdust atau co-firing.

“Jadi selain menggunakan batubara, kami menggunakan sampah rumah tangga dari seluruh wilayah Tuban. Jadi kami juga menggunakan bahan bakar biomassa sampai 3 persen dari total bahan bakarnya,” jelas Abdi Nafi’.

Dijelaskannya, PLTU Tanjung Awar-awar berkapasitas 2 X 350 Megawatt. Unit 1 sudah beroperasi sejak 24 Januari 2014 dan Unit 2 beroperasi sejak 18 Juli 2016. PLTU ini berada dalam areal seluas 86 hektare.

Mengingat vitalnya PLTU ini, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf memastikan TNI siap menjaga PLTU Tanjung Awar dan memastikan keamanan proses produksi energi serta keamanan lingkungannya.

“Terima kasih kepada para direksi PLTU Tanjung Awar-awar yang telah mempercayakan pengawasan, penjagaan dan pengamanan obyek vital nasional ini kepada TNI. Kami memastikan proses produksi energi ini berjalan aman dan lancar,” sebut Mayjen TNI Farid Makruf.

Untuk diketahui, PLTU Tanjung Awar-awar sejak 2015 telah bekerja sama dengan TNI. Termasuk dalam hal pengawasan alur masuk dan pengujian bahan bakar batu bara yang digunakan di PLTU ini.

Kunjungan Pangdam V/Brawijaya ini diakhiri dengan kunjungan ke unit pembangkit PLTU yang mempekerjakan 388 orang karyawan ini.

(jafar/bus)

RELATED ARTICLES

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular