Monday, April 22, 2024
HomePolitikaPublik Menilai KPK Lindungi Koruptor Kasus Sumber Waras

Publik Menilai KPK Lindungi Koruptor Kasus Sumber Waras

ilustrasi. (foto: aktual.com)
ilustrasi. (foto: aktual.com)

SURABAYA – Kordinator GALAK (Gerakan Aliansi Laskar Anti Korupsi) Muslim Arbi menilai keterangan komisioner KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Basariah Panjaitan terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras (RSSW) oleh Pemprov DKI Jakarta, untuk mencari 2 alat bukti justru membingungkan publik. Padahal, menurut Arbi berdasarkan audit investigatif oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan permintaan mantan pimpinan KPK Taufikurrahman Ruki, terdapat dugaan korupsi dan kerugian keuangan negara.

“Yang membingungkan dan aneh adalah KPK dibawah pimpinan Agus Raharjo, justru sibuk mencari 2 alat bukti untuk meningkatkan status Kasus RSSW dari penyelidikan ke penyidikan. Ini terkesan aneh danmencari-cari alasan, karena beberapa waktu lalu KPK malah beralasan sedang mencari niat jahat,” ujar Muslim Arbi kepada redaksi, Kamis (9/6/2016).

Arbi menambahkan bahwa sekelas Presiden Joko Widodo telah meminta agar rekomendasi dan temuan BPK ditindaklanjuti. Oleh karena itu, menurutnya kini publik bingung dengan sikap KPK dalam menangani kasus RSSW. “Kasus ini sudah jelas pelaku, kerugian negara dan terdapat unsur korupsinya. Kenapa KPK seperti ini,” imbuh Arbi dengan nada kecewa.

Arbi menjelaskan bahwa publik memandang lambatnya KPK menetapkan tersangka kasus RSSW sebagai perbuatan mencemooh dan tidak menggubris permintaan Presiden dan adanya unsur kesengajaan melindungi pelakunya.

“Karenanya kami mendesak publik agar segera membentuk Komite Independen Penyelamatan KPK untuk memeriksa dan mengadukan tindakan komisioner KPK ke Bareskrim POLRI karena melindungi oknum pejabat yang sudah jelas-jelas melakukan korupsi,” tegas Arbi sekaligus menutup keterangannya.

(bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular