Wednesday, May 22, 2024
HomeOlahragaMengenal Ardadedali Archery Club, Klub Panahan Milik Anggota Kodim 0727/Karanganyar

Mengenal Ardadedali Archery Club, Klub Panahan Milik Anggota Kodim 0727/Karanganyar

Beberapa atlet panahan dari Ardadedali Archery Club saat berlatih di Lapangan Panahan, Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (12/5/2024). (foto: arda72)

Karanganyar, – Olahraga panahan punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan situs resmi dunia, olahraga panahan punya banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya otot tubuh dan konsentrasi.

Dengan memanah, seseorang bisa melatih otot tubuh, konsentrasi dan kesabaran, hingga memberi efek relaksasi yang meningkatkan kepercayaan diri. Karena manfaat itu pula, olahraga panahan semakin dicintai masyarakat Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan.

Saat ini, ada banyak klub panahan di Tanah Air. Salah satunya adalah Klub Panahan Ardadedali yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Saat dikonfirmasi awak media ini, pemilik sekaligus pelatih Ardadedali Archery Club, Hermawan Tjahjanto yang merupakan anggota Kodim 0727/Karanganyar, menyebut bahwa klubnya berdiri pada 16 Desember 2018 dan telah berbadan hukum lengkap mulai SK Perpani, Akte Notaris dan SK Kemenkum dan HAM RI.

“Perkumpulan Panahan Ardadedali dengan nama ARDADEDALI ARCHERY CLUB dengan SK PERPANI No Kep-16/PERPANI-KRA/IX/2019 dan Akte Notaris No 06-2019 serta SK MenKum & HAM RI dengan No: AHU-0006288.AH.01.07.2019, Alhamdulillah resmi dan lengkap,” ujarnya bangga.

Menurutnya, alasan mendirikan klub panahan karena dirinya mendapati fakta dimana para orang tua merasa kesulitan menemukan klub panahan di Kabupaten Karanganyar untuk anak-anak mereka yang ingin menekuni olahraga tersebut.

“Oleh karena itu, kami mendirikan klub ini dengan tujuan pembinaan usia dini menuju prestasi,” imbuhnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, ada sekitar 25 atlet yang berlatih di Klub Panahan Ardadedali. “(Mereka) dari jenjang SD sampai dengan Kuliah dan bahkan orang dewasa,” tukasnya.

Dalam panahan, lanjutnya, tidak ada batasan umur untuk mulai berlatih atau bisa diikuti segala usia. Namun, untuk prestasi, idealnya mulai usia enam tahun.

Klub Panahan Ardadedali Archery Club, lanjutnya, memiliki jadwal berlatih lima kali dalam sepekan mulai pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

“Kami berlatih setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Selain latihan rutin, latihan kami terprogram untuk event-event jarak pendek,” paparnya detail.

“Event utama kami adalah UKL atau Ujian Kenaikan Level yang diadakan setiap empat bulan sekali. Ini adalah tanda kenaikan level setiap anggota,” katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Hermawan Tjahjanto mengatakan sangat disarankan bagi mereka yang ingin berlatih panahan untuk memiliki busur sendiri. Namun, pembelian busur bisa dilakukan setelah bergabung dengan klub karena masing-masing pemanah punya ukuran dan setelan tersendiri.

“Di kami, para anggota pemula yang ingin belajar panahan bisa menggunakan peralatan milik klub meski sangat terbatas,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa Ardadedali Archery Club berlokasi di Lapangan Panahan, Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah atau di Kantor Sekretariat Ardadedali Archery Club Jetak Pandes RT 01/12 Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Bisa juga cari tahu melalui Google Maps: Ardadedali Archery Training Centre Atau Ardadedali Archery Club Range,” sebutnya.

Menurutnya, jika ada Skorer yang berminat, bisa mencari informasi dengan mengunjungi media sosial mereka pada berikut ini:
Facebook : Ardadedali Archery
Instagram : Archery Ardadedali
Twitter : Ardadedali Archery
Youtube : Ardadedali Archery
http://archery.web.id/ardadedali-archery-club/

“Rincian biaya member Ardadedali Archery Club adalah untuk Pendaftaran sebesar Rp 50.000,- plus iuran bulanan sebesar Rp 150.000,- dengan Jam Latihan pukul 08.00-16.30 wib,” pungkas Hermawan Tjahjanto memberikan informasi lengkap terkait klub panahan miliknya.

(arda72/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular