Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomePolitikaKeamananLuar Biasa, Satgas Yonif 122/TS Gagalkan Upaya Penyelundupan 1,5 Kg Ganja di...

Luar Biasa, Satgas Yonif 122/TS Gagalkan Upaya Penyelundupan 1,5 Kg Ganja di Perbatasan RI-PNG

Personel Satgas Yonif 122/TS menunjukkan barang bukti 1,5kg ganja setelah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan OTK di perbatasan RI-PNG, Senin (20/5/2024). (foto: yonif 122/TS)

Keerom, – Sebagai Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti selalu rutin melaksanakan pemeriksaan jalan perlintasan Jayapura-Wamena sebagai area perlintasan dua negara Indonesia dan Papua Nugini. Seperti yang dilakukan oleh jajaran Pos Kipur C pada Senin (20/5/2024).

Upaya pemerikasaan rutin tersebut membuahkan hasil dimana Yonif 122/TS kembali berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis ganja kering sebanyak 1,5 kg di Kampung Kalibom, Distrik Waris, Kabupaten Kerom, Papua.

Dalam keterangannya pada media ini, Selasa (21/5/2024), Dankipur C Lettu Inf Panca menceritakan bagaimana keberhasilan menggagalkan upaya penyelundupan itu. Menurutnya, bermula pada saat personel pos melaksanakan pemeriksaan di jalan lintas masyarakat Kampung Waris.

“Pengamanan bagian luar melihat salah satu pengendara mobil jenis xenia putih nopol PA 1355 RD melintasi pemeriksaan dengan kaca tertutup,” ujarnya mengawali kisah.

“Pada saat melaksanakan pemeriksaan timbul kecurigaan dengan mobil yang jarang melintasi Kampung Waris dengan kaca mobil tertutup, dengan sigap personel yang berjaga langsung melaksanakan pengejaran dan menginformasikan seluruh pos jajaran Kipur C untuk menutup jalan,” tukasnya menambahkan.

“Setelah dihubungi ke jajaran Pos Kipur C, mobil xenia putih nopol PA 1355 RD tidak terlihat melintasi, dan tim melakukan pengejaran menggunakan sepeda motor dan langsung menanyakan kepada Kepala Suku Kampung Pund yakni Bapak Daniel Amo). Di pertengahan jalan ada masyarakat bernama Bapak Mosa mengatakan bahwa lihat mobil tersebut masuk ke dalam hutan di depan SMP Kalibom,” terang Dankipur C.

Personel Satgas Yonif 122/TS saat mengamankan mobil terduga pelaku upaya penyelundupan berupa 1,5kg ganja di perbatasan RI-PNG, Senin (20/5/2024). (foto: yonif 122/TS)

Selanjutnya, personel Pos Kalipay ya g berjumlah 9 orang Dpp Dankipur C Lettu Inf Panca tiba di TKP dan langsung mengatur strategi untuk masuk ke dalam hutan untuk melaksanakan pencarian mobil.

“Tiba-tiba, ada salah satu pemuda keluar dari semak-semak dan kabur arah jembatan Kalibom. Anggota yang melihat langsung melakukan pengejaran, (OTK, red.) langsung lari ketakutan ke arah sungai Kalibom dan terjatuh karena menabrak pagar duri SMP Kalibom. Barang bawaannya terjatuh berupa 2 plastik hitam yang berisi ganja kering 1,5 Kg sebanyak 11 plastik, kabel listrik, speaker dan kabel cas HP,” papar Dankipur C detail.

Selanjutnya, menurut Dankipur C, pihak Satgas Yonif 122/TS dilakukan pemeriksaan untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan sekaligus mengamankan barang hasil pemeriksaan.

“Dikarenakan barang tersebut merupakan barang terlarang jenis narkoba (ganja, red.), maka pelaku diamankan ke Pos Waris dan dilaporkan hasil penemuan ke Komando atas dan pihak berwajib,” tandas Dankipur C mengakhiri keterangannya.

(barat/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular