Wednesday, February 28, 2024
HomePolitikaKompak! NU Jatim Sumbang Rp 2,6 Miliar, Muhammadiyah Jatim Serahkan Rp 10,3...

Kompak! NU Jatim Sumbang Rp 2,6 Miliar, Muhammadiyah Jatim Serahkan Rp 10,3 Miliar Bantuan Ke Palestina

Ilustrasi. (foto: istimewa)

SURABAYA – Seiring tingginya animo kepedulian dan solidaritas masyarakat Indonesia untuk memberikan bantuan kepada Palestina, dua ormas terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) juga kompak melakukan hal yang sama.

Berdasarkan data dari NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PWNU Jatim hingga Rabu (22/11/2023) siang, donasi terkumpul mencapai Rp 2.604.334.055 atau lebih dari Rp 2,6 Miliar dari PWNU dan PCNU se-Jawa Timur untuk tahap pertama.

Kemudian dari Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim secara simbolis menyerahkan Rp 10.345.123.118 atau lebih dari Rp 10,3 Miliar. Penyerahan ini dilakukan saat Perayaan Milad Ke-111 Muhammadiyah di Aula Mas Mansur, Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).

KH Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jatim, dalam keterangan resminya mengatakan bahwa Indonesia peduli Palestina karena jasa dukungan Palestina saat perjuangan kemerdekaan dahulu.

“Kita umat Rasulullah, warga Palestina juga umat Rasulullah. Mereka dulu sangat mendukung kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan RI. Maka tidak baik kalau kita sebagai warga Indonesia atau sebagai kaum muslim tidak peduli pada Palestina,” ujarnya.

Kemudian Prof Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhamadiyah, dalam keterangannya menegaskan posisi Muhammadiyah dalam pembelaan politik dan moral terhadap Palestina.

“Muhammadiyah tidak hanya sekadar melakukan pembelaan secara politik, diplomasi dan moral global terhadap Palestina, tetapi juga ikut meringankan beban mereka. Apalagi sekarang korbannya sampai 10.000 nyawa melayang akibat brutalnya Israel,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sejak konflik Israel dan pejuang kemerdekaan Palestina berlangsung pada Sabtu (7/10/2023) hingga berita ini dilansir sekitar lebih dari 11.000 warga sipil Palestina di Gaza, yang didominasi wanita dan anak-anak menjadi korban keberingasan Israel. Serangan membabi buta Israel mendapatkan kecaman seluruh dunia termasuk Indonesia. Beberapa pihak melakukan kecaman sekaligus aksi donasi untuk membantu para korban di Gaza. NU dan Muhammadiyah menjadi salah dua ormas yang jadi pelopor terkait aksi tersebut.

(rafel/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular