Monday, April 22, 2024
HomeSosial BudayaKemanusiaanKerjasama Dengan ACT, Sodaqo Minimart Luncurkan Humanity Card

Kerjasama Dengan ACT, Sodaqo Minimart Luncurkan Humanity Card

Salah satu kegiatan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait Gempa Aceh. (foto: istimewa)
Salah satu kegiatan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait Gempa Aceh. (foto: istimewa)

JAKARTA – Hari ini, Jumat (30/12/2016) Sodaqo Minimart dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan Humanity Card. Acara peluncurannya diselenggarakan secara serentak di tiga lokasi gerai Sodaqo yakni Kampung Utan (Ciputat), Kampung Lele (Pamulang), dan Kampung Mawi (Parung).

Humanity Card merupakan program bantuan sosial dan kemanusiaan yang digagas oleh Sodaqo Minimart dan ACT. Humanity Card memiliki fungsi serupa dengan alat tukar bersistem top up. Kartu ini memuat identitas pemilik yang ditandai dengan nomor kartu, menandakan pemilik adalah penerima manfaat program bantuan kemanusiaan, yang akan diisi dengan sejumah dana oleh para donor. Nominal dana akan dikelola oleh Sodaqo. Dengan kartu tersebut, pemilik kartu bisa “berbelanja” senilai isi kartunya untuk periode pembelian tertentu.

“Humanity Card adalah wujud kepedulian kami dan pelanggan setia Sodaqo bagi masyarakat pra-sejahtera yang tinggal di sekitar gerai Sodaqo,” ungkap Yuri Andiko Tamin, Direktur PT Hydro selaku pengelola Sodaqo Minimart.

Sementara itu, N. Imam Akbari, Senior Vice President ACT menjabarkan beberapa manfaat yang dimiliki Kartu Kemanusiaan. Pertama, ia memuliakan para penerima manfaat.

“Untuk mendapatkan kebutuhan pokok secara cuma-cuma, mereka tak perlu antri seperti yang umumnya terjadi saat pembagian bantuan,” jelas Imam.

Lebih jauh, kartu tersebut memudahkan donor mengontrol langsung maslahat bantuannya. Dengan sistem komputerisasi, donor bisa mengetahui jika penerima manfaatnya sudah benar-benar membelanjakan bantuannya dan tidak digunakan untuk hal-hal di luar kebutuhan pokoknya.

Manfaat lainnya menurut Imam adalah penerima manfaat bisa memilih sendiri kebutuhannya selayaknya orang berpunya. Kartu ini, memberi performa yang sama dalam hal layanan, baik kepada pemegang kartu Humanity Card maupun konsumen biasa.

Humanity Card merupakan langkah awal dari sekian pilot project yang diinisiasi oleh Sodaqo dan ACT. Ke depannya, program ini akan terus disempurnakan, di antaranya dengan membangun Humanity Distribution Center (HDC), sebuah kawasan penyedia bantuan yang diakses penerima manfaat pemegang Kartu Kemanusiaan.

Dengan langkah ini, alur bantuan akan lebih manusiawi. Penataan barang disiapkan selayaknya sebuah swalayan. Area ini tentunya akan menjadi ajang pertemuan donor dan penerima manfaat.

“Silaturahim keduanya, memberi efek psikologis tersendiri. Insya Allah, rasa kepedulian dan kemanusiaan yang ada dalam diri kita kian terasah ketika menyaksikan kebahagiaan para penerima manfaat,” imbuh Imam.

Rencananya, HDC akan dibangun di sekitar kantong pengungsian baik di dalam negeri maupun luar negeri, tempat di mana ACT menunaikan amanah kepedulian bangsa Indonesia. ACT dan Sodaqo berharap, cita-cita dan tujuan dari program ini didukung penuh oleh para filantropis Indonesia dan dunia.

“Memuliakan mereka menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kemuliaan kita. Mari, kita muliakan orang-orang yang kurang beruntung, baik yang terpapar bencana alam atau sosial di mana pun mereka berada,” harap Imam menutup pernyataannya.

Untuk diketahui, Sodaqo Minimart adalah gerai ritel dengan nuansa ibadah dan menjunjung sistem ekonomi kerakyatan. Setiap pelanggan yang berbelanja di Sodaqo diajak untuk bersedekah melalui produk-produk yang mereka beli. Sebanyak 30% dari keuntungan penjualan produk di Sodaqo disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

(fais/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular