Sunday, July 14, 2024
spot_img
HomePolitikaDaerahKe Blitar, Pangdam Brawijaya Launching Lahan Ketahanan Pangan 35 Hektare

Ke Blitar, Pangdam Brawijaya Launching Lahan Ketahanan Pangan 35 Hektare

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Blitar melakukan launching pembukaan lahan ketahanan pangan seluas 35 Ha, Rabu (6/12/2023). (foto: CAKRAWARTA)

BLITAR – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Blitar melakukan launching pembukaan lahan ketahanan pangan seluas 35 Ha, pada Rabu (6/12/2023).

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, pembukaan lahan ketahanan pangan di area Gunung Yamil Kabupaten Blitar ini, sebagai wujud nyata TNI AD dalam mendukung penuh program ketahanan pangan serta membantu Pemerintah Daerah dalam menjamin ketersediaan cadangan pangan nasional.

Pangdam menjelaskan bahwa, TNI telah melanjutkan Kerjasama dengan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui sinergisitas antar lembaga / instansi baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Oleh karenanya, kegiatan ini untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan, khususnya di Jawa Timur”, kata Pangdam.

“Di area ini rencana kita buka 35 Ha, saat ini baru berjalan 11,7 Ha, yang terdiri dari beberapa cluster, Cluster Pertanian seluas 8 Ha, Cluster Perikanan seluas 1,2 Ha, dan Cluster Peternakan seluas 2,5 Ha”, tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI Farid Makruf mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Walikota Blitar, Mitra Asuh dari PT. Anoraga Resources Indonesia, serta seluruh elemen masyarakat, mohon kiranya seluruh jajaran khususnya Dinas pertanian dapat membantu bekerja sama dengan Kodam V/Brawijaya untuk melaksanakan ketahanan pangan. “Dan saya mohon bantuan juga kepada seluruh elemen masyarakat untuk berperan juga dalam membantu terlaksananya program ketahanan pangan ini, sehingga program ini bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya dan hasilnya nanti untuk kita bersama”, ujarnya.

Pangdam V/Brawijaya menjelaskan bahwa, disamping pembukaan lahan pertanian, perikanan, dan perikanan, Kodam V/Brawijaya juga melakukan pengeboran air yang nantinya dari sumber air ini akan dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk program ini saja, namun seluruh masyarakat disekitar dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Ini semua kita lakukan sebagai bentuk implementasi kerjasama TNI AD dengan Kementerian Pertanian, serta menjawab tantangan program ketahanan pangan dari Presiden Jokowi. Keberadaan Prajurit Kodam V/Brawijaya harus dapat memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat”, pungkas Pangdam.

Kegiatan ini ditutup dengan launching program ketahanan pangan serta penandatanganan kerjasama pengelolaan lahan tidur TNI AD cq Kodam V/Brawijaya di Wilayah Gunung Yamil Kabupaten Blitar untuk mendukung ketahanan pangan.

(rils/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular