Sunday, July 14, 2024
spot_img
HomeGagasanJang Genre Skaplo

Jang Genre Skaplo

 

Lagu “Jang” karya Oon B kini viral kembali di platform media sosial, antara lain TikTok, setelah diunggah oleh pemilik akun @kodam993 pada Jumat (28/6/2024). Dengan durasi 2 menit 36 detik, lagu yang dinyanyikan kelompok paduan suara siswa SMK di Sukabumi, Jawa Barat, dan dirigen Eni Mulyasari, itu telah ditonton tujuh juta kali dan dibagikan 26,8 ribu kali.

Ribuan komentar netizen mayoritas bertone positif. Menurut Eni Mulyasari, lagu “Jang” dipilihnya untuk ditampilkan di acara haflah akhirussanah (perpisahan) di Yayasan Darussyifa Al-Fithroh (Yaspida) pada akhir Mei, karena energik dan mengandung pesan moral yang layak dikenang murid-murid di sekolahnya. Dia guru musik di sekolah menengah itu, dan kini mengisi vokal lagu tersebut di studio.

Lagu “Jang” merupakan perpaduan yang sempurna antara tradisi dan inovasi, yang menggabungkan unsur-unsur musik Sunda dengan skaplo (ska koplo), genre yang dipilih Bu Eni. Lagu ini memanfaatkan aransemen yang enerjik dan ceria, membuatnya sangat mudah dinikmati dan diingat oleh pendengar, sebagaimana tampak di video yang beredar. Apalagi, didukung penampilan Bu Eni yang penuh semangat.

Skaplo, singkatan dari ska koplo, merupakan genre musik yang menggabungkan unsur-unsur ska dan dangdut koplo. Ska sendiri dikenal sebagai genre musik yang berasal dari Jamaika, dengan tempo cepat, irama yang ceria, dan sering menggunakan instrumen tiup seperti trompet dan trombone. Adapun dangdut koplo, itu sub-genre dari dangdut, yang terkenal dengan iramanya yang cepat dan ritme yang enerjik.

Alat-alat musik yang digunakan di skaplo biasanya terdiri dari keyboard, gendang koplo, suling sunda, gamelan sunda, gitar listrik, drum set, bass, dan instrumen tiup. Yang paling terasa dominan adalah suara gendang koplo, yang menambahkan sentuhan dangdut koplo dengan irama yang khas. Sementara gitar listrik digunakan untuk memainkan riff dan chord khas ska.

Lagu “Jang” dibuka dengan riff yang cepat dan khas ska, yang langsung menarik perhatian pendengar. Kemudian, terdengar suling Sunda menyisipkan nuansa tradisional yang khas, diikuti masuknya drum set dan gendang koplo, menambah ritme yang cepat dan menggugah. Instrumen tiup memberikan warna ska yang ceria. Kombinasi ini menciptakan suasana unik, tradisi dan modernitas bertemu dalam harmoni energik.

Vokal Bu Eni bersama grup paduan suara yang kuat dan penuh emosi menyampaikan lirik dengan kejelasan dan kehangatan, membuat pendengar merasakan setiap pesan yang disampaikan. Melodi yang sederhana namun catchy memudahkan pendengar untuk ikut bernyanyi, menambah daya tarik lagu ini. Lirik lagu “Jang” penuh pesan moral dan nasihat yang mendalam, disampaikan dengan bahasa Sunda yang indah dan penuh makna.

Struktur lagu “Jang” mengikuti pola yang dinamis dengan verse yang menggugah, chorus yang catchy, dan bridge yang memberikan ruang bagi instrumen untuk berjiwa. Perpindahan antara bagian ska yang cepat dan bagian koplo yang groovy dilakukan dengan mulus, menunjukkan keterampilan aransemen yang mumpuni.

Lirik “Jang” penuh dengan nasihat hidup dan nilai-nilai moral yang kuat, khususnya disampaikan bagi kalangan muda yang kini hidup penuh tantangan. Lirik lagunya berisikan pesan seorang ayah kepada anaknya tentang kehidupan. Lagu ini dikemas dengan bahasa Sunda yang sederhana dan mudah dipahami, namun memiliki makna yang mendalam dan menyentuh hati.

Di balik melodinya yang indah, lagu “Jang” mengandung nasihat berharga bagi para pendengarnya, terutama bagi para anak muda. Oon B, sang pencipta lagu, dengan bijak menggambarkan berbagai rintangan dan lika-liku kehidupan yang akan dihadapi oleh seorang anak.

Pesan utama dari lagu ini adalah pentingnya kesabaran, kesyukuran, kejujuran, dan kebaikan dalam menjalani hidup. Lagu ini juga menekankan pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama dan selalu ingat kepada Allah SWT.

Lirik dibuka dengan pengingat bahwa hidup tidaklah mudah dan memerlukan tindakan nyata, bukan sekadar pemikiran. Kemudian, lagu ini mengingatkan bahwa hidup penuh dengan tantangan dan pentingnya bersabar serta bersyukur dalam menjalaninya. Selanjutnya, lirik memberikan nasihat untuk menjadi orang yang baik, saleh, dan cerdas, serta menjaga hubungan baik dengan ulama, dan seruan untuk bertobat.

Lirik yang kaya dengan nasihat dan nilai-nilai moral ini disampaikan dengan cara yang mudah dimengerti dan menyentuh hati. Penggunaan bahasa Sunda yang khas menambah kedalaman dan keaslian, membuat pesan-pesan dalam lagu ini terasa lebih dekat dengan pendengar, terutama mereka yang berasal dari budaya Sunda.

“Jang” karya Oon B memberi pengalaman yang menyenangkan sekaligus bermakna. Musik yang ceria dan enerjik berpadu dengan lirik yang penuh pesan moral, menciptakan sebuah lagu yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan inspirasi dan nasihat hidup.

Kombinasi unik antara ska, koplo, dan unsur-unsur musik Sunda membuat lagu ini sangat khas dan mudah dikenali. Keberhasilan lagu ini menjadi viral membuktikan bahwa perpaduan tradisi dan inovasi dalam musik dapat menghasilkan karya yang menarik dan berdampak positif.

 

AHMADIE THAHA

Pendiri beberapa pondok pesantren, Pengasuh Ma’had Tadabbur al-Qur’an, wartawan, penulis, penerjemah kitab-kitab klasik, dan aktivis pergerakan di sejumlah ormas dan anggota Majelis Syura PUI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular