Tuesday, June 25, 2024
spot_img
HomePolitikaHadir Di Paku Integritas KPK, Ini Komitmen Ganjar-Mahfud

Hadir Di Paku Integritas KPK, Ini Komitmen Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hadir dalam acara Paku Integritas di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024) malam. (foto: ist)

JAKARTA – Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hadir dalam acara Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung KPK, Jakarta, pada Rabu (17/1/2024) tadi malam. Ganjar datang dengan benak yang sarat gagasan, juga impian, yang dicita-citakannya untuk kerja besar pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Ganjar datang menawarkan jalan keluar yang nyata dan terukur untuk kerja besar itu. Dan inilah tiga usulannya yang kelak diejawantahkan dalam bentuk program-program kerja pemerintahan.

Pertama adalah digitalisasi sistem keuangan. Dengan cara itu, segala pergerakan duit akan terpantau, sekaligus menghadirkan penghematan anggaran.

Kedua adalah transparansi anggaran. Ini penting dalam menelusuri asal usul uang yang pengawasannya memerlukan komitmen langsung dari pemimpin tertinggi.

Ketiga adalah penguatan lembaga aparat penegak hukum, khususnya KPK. Menurut Ganjar, komisi antirasuah itu harus dikembalikan independensi dan integritasnya dalam menjalankan tugas. KPK tidak boleh diintervensi oleh siapa pun, tidak boleh dipakai oleh kekuasaan atau kepentingan apa pun.

Selain penguatan KPK ini, Ganjar menjanjikan untuk segera mendorong pengesahan RUU Perampasan Aset. Sebab, pencegahan korupsi tidak bisa sepenuhnya dilakukan oleh KPK, namun harus melibatkan pihak lain, termasuk kalangan swasta.

Sebagai gubernur dua periode di provinsi besar, Ganjar punya pengalaman bersama KPK, dari urusan koordinasi supervisi pencegahan, membangun integritas di pemerintahan, termasuk memberikan penguatan kepada pemerintah kabupaten/kota agar mereka menyiapkan pendidikan antikorupsi sejak dini.

Gerak cepat Ganjar – Mahfud MD akan membawa Indonesia yang unggul dan bersih, lembaga penegakan hukum yang kuat, dan birokrasi yang punya komitmen tinggi terhadap upaya pemberantasan korupsi.

(Reza/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular