Tuesday, December 6, 2022
HomePendidikanGedung Baru Diresmikan Menag, UINSA Jadi Kampus Canggih Dan Terintegrasi

Gedung Baru Diresmikan Menag, UINSA Jadi Kampus Canggih Dan Terintegrasi

 

SURABAYA – Di tengah kesibukannya yang luar biasa, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, meresmikan gedung baru kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Senin (14/11/2022).

Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol digital yang sudah disiapkan panitia. Acara yang digelar secara mewah di ruang amphiteater Kampus Gunung Anyar ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Rais Aam PBNU, KH Miftahul Ahyar.

Dalam laporannya, Rektor UINSA, Prof. Akh Muzakki melalui Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaa Prof. Ahmad Zainul Hamdi menjelaskan bahwa kampus yang didanai melalui skema SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) ini menelan biaya hampir Rp 600 M.

“Biaya ini belum termasuk peralatan berbagai laboratorium canggih saintek yang juga menelan biaya milyaran,” ujar Prof. Inung -sapaan akrabnya- dalam keterangan tertulisnya kepada media ini, Selasa (15/11/2022).

Kampus yang menempati lahan seluas tiga hektar dan berlokasi di Kelurahan Gunung Anyar, Surabaya, ini memang terlihat sangat megah. Bangunan yang dirancang menjadi smart campus ini tampak depan seperti menara kembar (twin towers) yang melambangkan integrasi sains dan agama.

Rektor UINSA Prof. Akh. Muzakki (berdiri di podium) saat memberikan pemaparan mengenai gedung baru UINSA Gunung Anyar seusai peresmian oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Senin (14/11/2022). Nampak gedung baru UINSA itu megah, canggih dan terintegrasi. (foto: istimewa)

“Sedianya acara grand launching dilaksanakan sebelum kampus ini digunakan. Namun karena kesibukan Menteri Agama, peresmian baru bisa dilaksanakan di pertengahan semester,” imbuh Prof. Inung

Untuk diketahui, saat ini gedung UINSA kampus Gunung Anyar ditempati Fakultas Saintek, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

“Sebagai penunjang aktivitas belajar, kampus ini dilengkapi dengan beberapa laboratorium canggih, perpustakaan dengan koleksi yang terdigitalisasi, auditorium sekelas studio XXI, dan berbagai fasilitas pendukung lain, yang seluruhnya terintegrasi,” pungkas pria yang juga aktifis Gusdurian itu.

(bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular