Wednesday, April 17, 2024
HomeSosokFahmi Firdaus, Pebisnis Rental Mobil Muda Yang Bangkit Dari Keterpurukan

Fahmi Firdaus, Pebisnis Rental Mobil Muda Yang Bangkit Dari Keterpurukan

Fahmi Firdaus saat menerima jasa rental mobil mewah untuk mengantar penyanyi ternama RAISA di sekitar Surabaya dan Sidoarjo beberapa waktu lalu. (foto: CAKRAWARTA)

SURABAYA – Bisnis sewa atau rental mobil merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Kebutuhan masyarakat akan transportasi masih sangat tinggi. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya pelaku bisnis di bidang transportasi ini.

Salah satu yang mencoba peruntungan di sektor ini adalah Fahmi Firdaus. Pemuda asal Madura itu memulai bisnisnya pada tahun 2013. Hingga akhirnya, saat ini dibawah bendera Pandama Trans, ia dan timnya mulai merasakan manisnya bisnis rental mobil.

“Alhamdulillah hampir semua unit mobil kami jalan setiap harinya. Pelanggan kebanyakan dari instasi perusahaan maupun pemerintahan. Tak jarang juga sewa untuk kepentingan pribadi, kebanyakan ke tempat wisata atau silaturahim ke keluarga,” kisah Fahmi Firdaus selaku pemilik Pandama Trans pada media ini, Jumat (2/6/2023).

Pandama Trans sendiri merupakan salah satu perusahaan bidang jasa yang melayani persewaan mobil premium di wilayah Surabaya-Sidoarjo. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2017. Unitnya beragam mulai dari Innova reborn, mitsubisi Pajero, Toyota fortuner, Toyota Alphard hingga Toyota Premio.

Saat memulai bisnis rental mobil pada 2013 lalu, Fahmi menyasar segmen menengah ke bawah. Bisnis tersebut hanya bertahan hingga 2016 dikarenakan persaingan harga dan keamanan unit yang tidak terjamin.

“Selain ketatnya persaingan harga sewa di segmen menengah kebawah yang sudah masuk zona red ocean, mobil kami pernah dilarikan oleh customer dan dijual ke Pasuruan dan Madura. Alhamdulillah semuanya kembali meskipun beberapa harus menebus ke penadah senilai Rp. 35.000.000,-. Total habis ratusan juta untuk menyelamatkan unit waktu itu,” ujar imbuh pria berkacamata kelahiran Bangkalan, 33 tahun yang lalu itu.

Fahmi Firdaus saat melayani jasa rental mobil mewah untuk mengantar Ariel Noah beberapa waktu lalu. (foto: cakrawarta)

Karena itu, mencoba bangkit, pada 2017, Fahmi melakukan sejumlah perombakan, mulai pindah kantor, mengganti tim hingga menggeser segmen rental mobilnya pada pelanggan menengah ke atas. Semua itu ia lakukan berbekal sejumlah riset dan diskusi bersama kolega dan mentor bisnisnya.

“Capek mas, mending main di unit premium. Pelanggannya lebih banyak dan lebih aman karena wajib pakai driver,” curhatnya sembari sedikit tertawa lepas.

Kini Pandama Trans sudah memiliki empat driver tetap dan 6 sopir dengan status freelance. Sudah banyak nama-nama beken yang memakai jasanya seperti saat mengantar Mahalini, Raisa hingga Ariel Noah. Fahmi membuktikan bahwa pebisnis apalagi masih muda, jika terpuruk, harus memiliki seribu akal untuk bangkit dan sekarang semua itu terjawab sudah.

“Saya berharap ke depan Pandama Trans dapat menjadi perusahaan rental tingkat nasional dan memiliki banyak tim,” pungkas pria yang merupakan lulusan jurusan statistika di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Surabaya itu.

Fahmi Firdaus berpose dengan salah satu mobil mewah yang dimiliki Pandama Trans. (foto: cakrawarta)

Untuk diketahui, kantor Pandama Trans berlokasi di Perum Unimas Garden Regency Blok H No.10 Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Fahmi Firdaus dapat dihubungi melalui nomor handphone +62 812-3022-2494.

(sule/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular