Sunday, July 14, 2024
spot_img
HomePolitikaDeklarasi Dini Paket Pimpinan DPD RI, Uchok CBA: Hai KPK, Sidik Anggaran...

Deklarasi Dini Paket Pimpinan DPD RI, Uchok CBA: Hai KPK, Sidik Anggaran Iklan-Iklan Deklarasi Tersebut!

Deklarasi paket pimpinan DPD RI masa bakti 2024-2029 yang terdiri AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Nono Sampono, Elviana dan Tamsil Linrung di Telaga Senayan Restoran, Jakarta, Minggu (23/6/2024). (Foto: istimewa)

Jakarta, – Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan bahwa saat ini para calon anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 belum ditetapkan oleh KPU RI. Karena itu, menurutnya, mereka belum memiliki kewenangan sebagai anggota DPD RI.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menanggapi manuver sejumlah anggota DPD RI periode 2024-2029 yang melakukan dukung-mendukung untuk paket pimpinan DPD RI.

“Tetapi realitas politik yang terjadi di DPD, ada saja anggota DPD mulai bermanuver politik untuk merebut dan mempertahankan kekuasaan di DPD dengan berbagai cara. Mereka ingin menguasai DPD dengan memaksa kehendaknya padahal KPU belum menetapkan mereka sebagai Anggota DPD,” ujar Uchok pada media ini, Selasa (25/6/2024).

Yang dinilai cukup meresahkan, lanjut Uchok, adalah munculnya metode dukung-mendukung itu dengan salah satu caranya adalah pemasangan iklan di berbagai kota dengan tema satu paket Pimpinan DPD RI.

“Dan pemasangan iklan ini, benar – benar merusak citra lembaga DPD dan personal anggota DPD yang akan datang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Uchok menyampaikan bahwa kasus deklarasi Paket Pimpinan oleh La Nyalla dan kawan-kawannya berpotensi ada pelanggaran etika dan adab karena tidak ada rujukannya. Para tokoh yg deklarasi belum ditetapkan oleh KPU sebagai calon terpilih.

“Kan Komisioner KPU Idham Holik sudah mengingatkan kepada seluruh calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih untuk tidak buru-buru menggelar deklarasi paket pimpinan DPD Periode 2024-2029. Karena hal ini secara etika politik sangat menganggu publik,” tegasnya.

Direktur CBA, Uchok Sky Khadafi. (foto: istimewa)

Karena itulah, lanjut Uchok, pihak CBA meminta kepada Sekjen DPD RI untuk menjelaskan bagaimana bisa iklan – iklan deklarasi paket Pimpinan DPD RI di berbagai daerah yang memakai logo DPD.

“Dan apakah iklan iklan ini mempergunakan anggaran dari DPD sendiri,” tanya Uchok retoris.

Adapun selanjutnya, Uchok juga meminta pihak lembaga anti radish, KPK RI, untuk menyelidiki anggaran iklan-iklan deklarasi paket pimpinan DPD RI di berbagai daerah yang mempergunakan logo DPD tersebut.

“Penyelidikan ini perlu dilakukan oleh KPK agar para calon anggota baru yg belum ditetapkan KPU seharusnya lebih hati-hati dalam bermanuver politik karena belum punya hak dukung-mendukung sebelum secara resmi ditetapkan oleh KPU,” pungkas Uchok Sky Khadafi.

(Jajang/Rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular