Friday, February 23, 2024
HomePolitikaBertemu Rektor Unand, Fadel Muhammad: Semoga Makin Maju!

Bertemu Rektor Unand, Fadel Muhammad: Semoga Makin Maju!

Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad (kanan) saat melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE., Rabu (29/11/2023). (foto: istimewa)

PADANG – Sebelum kembali ke Jakarta dari kunjungan kerja di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Andalas (Unand) Dr. Efa Yonnedi, SE., Rabu (29/11/2023).

Bertemu dengan pimpinan perguruan tinggi merupakan aktivitas yang dilakukan Fadel Muhammad setiap dirinya melakukan kunjungan kerja ke daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Fadel Muhammad merasa gembira bisa bertemu dengan Efa Yonnedi. “Beliau merupakan teman lama saya,” ujar alumni ITB itu.

Diungkapkan bahwa Unand merupakan salah satu universitas kebanggaan di Sumatera dan Indonesia. “Kita harap ke depan Unand semakin maju,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Efa Yonnedi menyampaikan program-program di kampusnya. Mendapat pemaparan yang demikian, Fadel Muhammad akan membawanya ke MPR dan ikut melobikan ke Kementerian terkait, terkait program unggulan dari kampus yang berlokasi di Padang itu.

Dirinya mendengar Unand mempunyai program unggulan dalam bidang ketahanan pangan, yakni pertanian dan perikanan di samping ada kesehatan. Program ketahanan pangan yang dijadikan unggulan disebut oleh Fadel Muhammad sebagai hal yang sangat tepat.

“Sebab di Sumbar ada lahan yang sangat subur”, ujarnya. “Bila Unand memberikan dukungan sumber daya manusia maka akan menghasilkan sesuatu yang baik sekali”, tambahnya.

Guru Besar Universitas Brawijaya itu berharap Unand bisa menjadi universitas terdepan. Diungkap saat di Jepang, dirinya mengetahui pemerintah Negeri Sakura itu memiliki banyak networking dengan pemerintah Indonesia.

“Lain waktu kita bersama Dubes Jepang akan berkunjung ke Unand,” ujarnya.

Efa Yonnedi dalam pertemuan itu merasa bersyukur dan bangga bisa bertemu dengan Fadel Muhammad.

“Saya bisa menggali langsung pengalaman dan kebijakan yang dilakukan,” paparnya.

Disampaikan Efa Yonnedi, agar Indonesia terlepas dari middle income trap mesti memperhatikan dua hal, pertama SDM. Kedua, inovasi. Unand merupakan perguruan tinggi berbasis riset dan inovasi serta learning institution.

“Jadi Unand fokus untuk menciptakan SDM unggul untuk berkontribusi pada bangsa dan negara,” tutupnya.

(rils/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular