Wednesday, May 22, 2024
HomeSosial BudayaKemanusiaanBedah Rumah Pakisaji, Wujud Nyata TNI Hadir Dan Solutif Bagi Kesulitan Masyarakat

Bedah Rumah Pakisaji, Wujud Nyata TNI Hadir Dan Solutif Bagi Kesulitan Masyarakat

Dandim 0818/Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Arief Nurbianto, S.I.P., M.M saat peresmian Program Bakti Untuk Rakyat di Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa (7/11/2023). (foto:Sertu Tri Joko Purwanto /cakrawarta)

MALANG – Paham dan hadir di tengah kesulitan masyarakat dan mencari solusi atas persoalan itu adalah salah satu perintah harian KASAD yang harus diterapkan oleh seluruh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat.
Tiga orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Pakis Aji, Kabupaten Malang, masing-masing Sersan Kepala (Serka) Warosi, Serka Supriyanto serta Sersa Satu Tri Joko Purwanto melakukan itu.

Pada Selasa (7/11/2023), di RT 03 RW 03 Karangduren mereka menyelesaikan Program Bakti Untuk Rakyat berupa renovasi dua rumah warga kurang mampu (bedah rumah) yang merupakan wujud nyata perintah harian KSAD itu.

Tiga orang Babinsa yaitu Sersan Kepala (Serka) Warosi, Serka Supriyanto serta Sersa Satu Tri Joko Purwanto saat mengerjakan Rutilahu milik dua warga Pakisaji, Kabupaten Malang. (foto: Sertu Tri Joko Purwanto/cakrawarta)

Selama dua bulan pengerjaan renovasi rumah dua warga kurang mampu masing-masing adalah Sugeng (72), warga Dusun Golek Desa Karangduren, dan Hambali (42), warga Desa Genengan kini mendapat tempat tinggal layak. Keduanya adalah warga Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang yang kurang beruntung dan layak dibantu.

Sugeng yang sudah renta dan tidak aktif bekerja itu, dalam kesehariannya hidup dengan Susilo, anaknya yang tuna grahita dan juga cucu, menempati rumah yang sangat tidak layak huni. Kondisi lingkungan jadi parah jika hujan datang, karena lokasinya yang sangat dekat dengan sungai. Rumah yang lapuk itu selalu kebanjiran. Renovasi rumah Sugeng menghabiskan dana sekitar 25 juta untuk bahan bangunan diluar tenaga pelaksana dan perabot rumah.

Begitu juga dengan rumah Hambali. Paruh baya yang sehari-harinya menjadi pedagang tape keliling itu juga menempati rumah yang tidak layak huni di Desa Genengan. Kondisi keluarga ini buruk, sejak sang istri yang awalnya menjadi guru, tidak lagi bekerja dan sempat mengalami depresi, sebelum akhirnya bangkit kembali. Renovasi rumah Hambali menghabiskan dana sekitar 17 juta di luar tenaga pelaksana dan perabot rumah. Tenaga pelaksana program ini terdiri dari lima unsur TNI AD dan tujuh orang sipil yang merupakan anggota Yayasan Kartika Mutiara. Program ini menggandeng jejaring yang dimiliki Sertu Tri Joko yaitu Rotary Club Malang Central. Berkat jejaring ini, program ini terlaksana dan juga melengkapi rumah mereka dengan perabot rumah seperti tempat tidur, lemari, lemari, meja kursi dan sarana penunjang lain.

Tim bedah rumah dari Koramil 0818-07 Pakisaji dan Rotary Club Malang Central juga membuatkan kolam ikan di sekitar rumah Sugeng dan melengkapinya dengan 4.000 bibit ikan nila. Kolam ini diharapkan bisa menjadi mata pencaharian Sugeng dan keluarga besarnya. Cucu Sugeng bernama Dimas Rafli dijamin kebutuhan untuk bersekolah dengan baik.

Para Babinsa Koramil Pakisaji Kabupaten Malang saat mengerjakan Rutilahu milik dua warga tak mampu di wilayah binaannya dibantu warga sekitar. (foto: Sertu Tri Joko Purwanto/cakrawarta)

Dalam kesempatan itu, Dandim 0818/Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Arief Nurbianto, S.I.P., M.M., yang meresmikan secara simbolis pembangunan dua rumah itu menyatakan kegembiraannya dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terwujudnya program bedah rumah.

“Ini merupakan program yang baik dan perlu ditingkatkan karena selaras dengan program TNI AD,” katanya.

Dandim melanjutkan bahwa kegiatan ini sesuai pesan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., yang dikemukakan di berbagai kesempatan bahwa bahwa TNI AD harus hadir dan bisa menjadi solusi bagi segala kesulitan masyarakat.

Sementara itu, Presiden Rotary Club, Arif Widodo juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Kodim 0818 yang telah membantu dalam upaya pembangunan rumah, pendidikan dan ketahanan pangan.

Hadir pula pada peresmian itu, Sekretaris Kecamatan Pakisaji, Danramil Pakisaji, Perwakilan Polsek Pakisaji, pengurus Rotary Club Malang, Kades Karangduren, dan unsur TNI AD dan tokoh masyarakat lainnya.

Reporter: Daniel Zora Nugraha

Editor: Rafel

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular