Sunday, April 14, 2024
HomePendidikanTingkatkan Kualitas Bahan Ajar, Prodi Bahasa Jerman UNJ Gelar Workshop Penulisan Buku

Tingkatkan Kualitas Bahan Ajar, Prodi Bahasa Jerman UNJ Gelar Workshop Penulisan Buku

“Workshop Penulisan Buku dan Bahan Ajar” oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ di Kampus UNJ Rawamangun, Jakarta, Rabu (1/11/2023). (foto: istimewa)

JAKARTA – Sebagai upaya meningkatkan kualitas penulisan bahan ajar bagi para dosen, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ menggelar workshop penulisan buku di Kampus UNJ Rawamangun (1/11/2023). Bertajuk “Workshop Penulisan Buku dan Bahan Ajar” dan dibuka oleh Dr. Ellychristina D. Hutubessy (Koordinator Prodi), workshop ini menghadirkan narasumber Syarifudin Yunus, pegiat literasi dan dosen yang telah menerbitkan 46 buku, termasuk buku bahan ajar seperti Jurnalistik dan Menulis Kreatif.

Diikuti 12 dosen Prodi Bahasa Jerman dan dipandu oleh Nada Muthia Zahrah, workshop lebih menekankan praktik menulis secara langsung. Tulisan ilmiah berbasis pengetahuan, pengalaman, atau perasaan sebagai sumber tulisan. Melalui konsep “be-YOU-tiful writing”, peserta workshop diajak menulis secara praktis. Mulai dari memilih kata dan menuangkan ke dalam bentuk kalimat. Mulai dari mencari masalah hingga membuat pointers yang siap dikembangkan menjadi paragraph sehingga dapat dijadikan tulisan ilmiah.

Khusus untuk penulisan buku dan bahan, Syarifudin Yunus, memaparkan tips penulisan yang mengacu pada 1) apa yang menjadi masalah dalam belajar, 2) apa alasan yang kuat untuk dibuatkan buku atau bahan ajar, 3) memilih konsep buku, 4) menyiapkan outline penulisan buku, 5) melengkapi data pendukung, 6) menentukan target waktu, dan 7) mulai menulis hingga tuntas. Hingga akhirnya buku bahan ajar dapat diterbitkan dalam waktu yang tepat.

“Cara menulis buku atau bahan ajar ini sangat penting bagi kami di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. Agar menjadi media belajar bagi mahasiswa. Semoga ke depan, kami dapat realisasikan bahan ajar sendiri. Tentu dengan bimbingan Pak Syarif” ujar Dr. Ellychristina D. Hutubessy, Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jerman saat memberi sambutan.

Melalui workshop ini, peserta diajak untuk memulai dan berani menulis. Karena menulis itu bukan hanya penting. Tapi menulis harus dimulai dari sekarang dan menjadi perilaku. Karena karya ilmiah sehebat apapun harus tetap dituliskan. Sehingga nantinya, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ mulai merintis bahan ajar yang ditulis sendiri, oleh para dosennya.

Dalam worskhop penulisan buku dan bahan ajar ini, Syarifudin Yunus juga memberi tugas menulis artikel ilmiah dengan Teknik ”H+7 Jadi”, bisa menulis 1 paper dalam 7 hari melalui tahapan yang harus ditempuh. Mulai dari menentukan masalah, kajian teori, metodologi, pembahasan dan analisi, hingga simpulan. Sehingga buku atau bahan ajar yag disajikan tetap memenuhi kaidah dan sistematika ilmiah, di samping logis dan objektif.

“Saya apresiasi workshop penulisan ini. Agar rekan-rekan pengajar lebih intens untuk menulis ilmiah. Mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri sehingga menjadi karya tulis apapun bentuknya. Dan resep paling jitu menulis buku adalah tulis, tulis, dan tulis. Jadi, tulislah mulai sekarang” ujar Syarifudin Yunus menutup pemaparannya. Salam literasi.

(Yunus/Bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular