Monday, June 17, 2024
spot_img
HomeSosial BudayaKemanusiaanSemarak HUT ke-78 TNI, Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad Bagikan 1.200 Paket...

Semarak HUT ke-78 TNI, Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad Bagikan 1.200 Paket Peduli Gizi dan Pendidikan Untuk Anak-Anak Papua

Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad saat membagikan 1.200 paket peduli gizi dan peduli pendidikan untuk anak-anak Papua di Pos Kotis, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (13/10/2023). (foto: yonif 411/Kostrad)

NDUGA – Dalam rangka semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI, Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad menggelar acara bakti sosial membagikan 1.200 paket peduli gizi dan peduli pendidikan untuk anak-anak Papua bertempat di Pos Kotis, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, pada Jumat (13/10/2023).

Tepat pagi hari pukul 08.00 WIT, sebanyak 600 siswa-siswi dari SD Inpres Keneyam dan SD Gabungan Distrik Kabupaten Nduga datang didampingi oleh para dewan guru memadati halaman depan Pos Kotis Ksatria Pandawa.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan acara Peduli Gizi “stunting” berisi paket makanan bergizi yakni telur, susu, sari kacang hijau, roti, dan obat cacing, sedangkan paket peduli pendidikan yakni tas sekolah, kaos aku anak pintar, alat tulis sekolah dengan total paket yang dibagikan berjumlah 1.200 paket.

Program bakti sosial yang dikemas sebagai hadiah bagi anak-anak Papua yang berada di daerah rawan konflik dan gangguan Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua, sebagai wujud nyata kepedulian TNI dalam hal ini Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad yang sudah bertugas selama 4 bulan di wilayah Kabupaten Nduga bawah.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Subandi alias Bang Alex mengatakan bahwa kegiatan peduli gizi dan peduli pendidikan hari ini yang dilaksanakan Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad dalam rangka semarak peringatan HUT KE-78 TNI, kegiatan ini merupakan wujud nyata Satgas TNI peduli gizi mencegah stunting dan peduli pendidikan, karena pendidikan penyelamat masa depan.

“Semoga adik-adik semua senang, paketnya bermanfaat untuk tambahan gizi adik-adik, perlengkapan sekolahnya bisa di gunakan ada tas, ada kaos, buku, dan alat tulis, semuanya untuk adik-adik kita, kita sayang dengan adik-adik, semuanya harus semangat untuk meraih cita-cita,” ucap Bang Alex.

Lanjut alumni Akademi Militer tahun 2004 tersebut, saat ini masyarakat di Distrik Keneyam Kabupaten Nduga semakin dekat dengan TNI tak ada jarak setiap hari saling sapa, setiap hari berkomunikasi dan terjalin kedekatan dengan baik, kehadiran Satgas Yonif 411 Kostrad harus memberikan dampak positif dalam membantu kesulitan masyarakat yang mana hal tersebut merupakan perintah langsung yang disampaikan KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada saat mengunjungi Yonif 411 Kostrad di daerah latihan Gunung Lawu sebelum berangkat dikirim bertugas di Kabupaten Nduga.

“Tak hanya itu saja, perintah harian KASAD juga selalu menjadi pedoman kami dalam setiap langkah di daerah tugas yakni agar melakukan tindakan- tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD,” pungkas Bang Alex.

Acara hari ini juga sebagai wujud kolaborasi antara Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad, Pemerintah Kabupaten Nduga, Kodim 1706/Nduga, Polres Nduga, serta unsur Satgas TNI di wilayah Distrik Keneyam Kabupaten Nduga, selain bersama menjaga stabilitas keamanan wilayah, juga bersama dalam mewujudkan generasi muda yang sehat dan cerdas.

Sementara itu, Ketua Gembala Sidang GPDI Yerikho Kabupaten Nduga Pendeta Isak Murib, S. Pdk., yang turut hadir memimpin doa juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif 411 Kostrad yang sudah melaksanakan kegiatan luar biasa hari, wujud kepedulian untuk anak-anak Papua di Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga.

“TNI dan masyarakat bersatu, semuanya senang akan kehadiran Satgas Yonif 411 Kostrad di Distrik Keneyam, semuanya dekat, kita aman, ini adalah nikmat yang Tuhan kirimkan untuk anak-anak lewat bapak-bapak TNI yang baik dan peduli dengan gizi dan pendidikan, wa wa wa, hormat,” ucap Pendeta Isak Murib.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Wahyudi Guru SD Inpres Keneyam, dimana ia menyatakan bahwa pihaknya sangat senang dan berterima kasih dengan kegiatan yang digelar oleh Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad memberikan paket peduli gizi dan paket peduli pendidikan untuk anak-anak didiknya. Ia menilai kegiatan tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi anak-anak didiknya dan berharap semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan ke depannya.

“Terimakasih banyak kami ucapkan kepada Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad, atas perhatian dan kepeduliannya kepada anak-anak didik kami, 600 siswa-siswi hadir penuh kegembiraan menerima paket gizi dan pendidikan dari Pak TNI dalam rangka HUT ke-78 TNI, Dirgahayu TNI ke-78,” ucap Pak Wahyudi kepada Tim Pen 411.

Tak hanya Peduli Gizi dan Peduli Pendidikan hari ini Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas Keneyam juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada anak-anak, sebagai wujud dari sinergitas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sudah terjalin baik selama ini.

Program teritorial Satgas Yonif 411 Kostrad yakni kegiatan bakti sosial juga telah dilaksanakan secara rutin setiap harinya, seperti pos senyum, pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang berobat di pos, belajar bersama di Pondok Pintar Pandawa, berbagi kebahagiaan di gereja-gereja, serta pos senyum, yang mana program tersebut telah mendapatkan respon positif dan apresiasi dari pemerintah daerah dalam hal ini Pj Bupati Nduga dan masyarakat.

(hasna/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular