Wednesday, May 22, 2024
HomePolitikaPesan Hidup Hemat Wapres Amin Dinilai Beda Omongan dan Kenyataan

Pesan Hidup Hemat Wapres Amin Dinilai Beda Omongan dan Kenyataan

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin. (foto: ist)

Jakarta, –  Direktur lembaga Center For Budget Analisis (CBA) Uchok Sky Khadafi sangat menyesalkan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. Apa pasalnya?

Menurut keterangan Uchok pada media ini, Kamis (9/5/2024) pada tahun 2023 Wapres melalui Sekretariat Wapres Kementerian Sekretariat Negara memborong dua unit kendaraan roda empat seharga total Rp 1.476.633.000

“Jenis kendaraan atau mobil yang diborong adalah berjenis ambulan dan kendaraan operasional, dan harga masing-masing sekitar Rp 738 juta untuk satu mobil. Dan hanya bisa bilang Wow mahal banget nih yee?” papar Uchok dengan nada sindiran.

CBA menilai, kebijakan memborong dua mobil tersebut dan dilakukan pada akhir jabatan Wapres benar-benar tidak masuk akal.

“Hanya membebani anggaran negara saja alias pemborosan uang negara. Padahal selama ini Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin sangat bisa berhemat bicara di depan publik, tetapi mengapa ya tidak bisa berhemat anggaran negara,” imbuh Uchok dengan nada heran.

Tak berhenti hanya di persoalan memborong dua kendaraan tersebut saja, menurut Uchok, dalam keseharian sebagai pejabat negara dan pejabat publik yang kerap berpesan agar rakyat hidup hemat, Wapres KH Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan kerja ke daerah juga melakukan pemborosan negara.

“Tetapi model Pemborosan Anggaran negara ini bukan dilakukan oleh dalam internal wakil presiden atau sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara. Tetapi kunjungan wakil presiden ke daerah benar benar lebih banyak mengambil anggaran kas daerah. Atau pemerintah daerah harus menyediakan anggaran daerah untuk pengamanan dan makan dan minum yang menguras uang pajak rakyat,” papar Uchok detail.

Uchok membeberkan beberapa contoh untuk menguatkan pendapatnya. Pertama, pada tahun 2023, Pemerintah Jawa Timur melalui biro Umum Provinsi Jawa Timur harus mengeluar sebesar Rp 170.500.000 untuk memborong 800 porsi dalam bentuk makan dan minum prasmanan VVIP, makan dan minum prasmanan VIP, dan kue-kue prasmanan VIP.

“800 porsi makan dan minuman atau kue-kue dari Gubernur Jawa Timur ini bukan jamuan buat rakyat miskin. Jamuan ini khusus untuk Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di VIP Room Bandara Juanda pada 6 Desember 2023 untuk kepulangan Wakil Presiden bersama Ibu Wakil Presiden,” ujar Uchok.

Satuan anggaran makanan dan minuman, lanjut Uchok, untuk jamuan Wapres KH. Ma’ruf Amin untuk satu porsi sekitar Rp 213.125.

“Besaran anggaran untuk satu porsi ini benar-benar mahal kalau dibandingkan dengan makan dua pisang tak perlu nasi sesuai dengan nasehat Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin,” sindirnya lagi.

“Selain itu, pemborosan anggaran juga terjadi di Pemkot Bandung. Dimana Pemkot Bandung melalui Sekretariat Daerah harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp 24.750.000 untuk Pengamanan VVIP atas kunjungan kerja Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta rombongan pada 16 November 2023,” pungkasnya.

(bm/RAF)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular