Sunday, February 25, 2024
HomeGagasanMengukir Rekam Jejak di Taman Bacaan

Mengukir Rekam Jejak di Taman Bacaan

Semua orang pasti tahu arti rekam jejak atau track record. Karenanya, hampir setiap orang pula saat ini sedang sibuk merangkai cerita. Sedang memahat rekam jejak kehidupan di dunia. Di dunia nyata, di media sosial, dan di media angan-angan. Persis seperti calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang sedang berjuang mengukir rekam jejak agar dipilih rakyat.

Bila ditelisik, rekam jejak itu boleh diartikan semua hal yang seseorang atau organisasi telah lakukan di masa lalu. Tentang seberapa baik (bukan seberapa buruk) dalam melakukan pekerjaan, mengatasi masalah, berinteraksi, dan menyajikan Solusi. Jadi, rekam jejak itu dimensinya sisi positif, bukan negatif. Sesuatu yang baik itulah rekam jejak. Dalam konteks bisnis, rekan jejak selalu bertumpu pada kinerja yang baik, semua yang sukses dan berhasil, dan semua yang menghasilkan keluaran yang patut ditonjolkan. Tidak ada perbuatan atau prestasi buruk yang dipublikasikan. Maka aneh saja, bila hari ini masih banyak orang-orang yang fokus pada keburukan atau pikiran yang negatif. Rekam jejak itu sesuatu yang positif, bukan negatif. Fokusnya prestasi bukan sensasi seperti kiprah di Taman Bacaan Masyarakat.

Suka tidak suka, rekam jejak itu indikatornya kinerja, kompetensi atau keberhasilan. Bukan omongan apalagi cerita-cerita yang dibuat tanpa fakta. Bahkan rekam jejak bukan hanya berasal dari catatan tertulis. Tapi dari catatan atas semua interaksi yang dilakukan dengan orang lain. Apalagi jaman seperti sekarang ini, sangat gampang untuk menelusuri rekam jejak seseorang di dunia maya. Karena di dunia maya, sangat sulit bagi siapapun untuk bermain “sandiwara”. Segalanya tercatat rapi, tidak ada rekayasa apapun, Apa yang diperbuat itulah yang tertulis. Bila tidak pernah diperbuat maka tidak akan tercatat di dunia maya alias mbah google.

Rekam jejak adalah semua hal yang dilakukan seseorang pada masa lalu dan dapat di jadikan teladan sampai sekarang. Ada perbuatan, ada fakta, dan ada Pelajaran dari setiap rekam jejak yang ditorehkan, Soal apapun dan di mana pun. Karena “Allah ciptakan langit dan bumi dengan haq dan untuk memberi balasan setiap jiwa atas apa yang mereka kerjakan, sedang mereka tidak didzalimi” (QS. Al-Jatsiyah: 22). Itulah prinsip rekam jejak, sama sekali tidak dapat direkayasa.

Berangkat mengukir rekam jejak itulah, sekolompok pegiat literasi berkiprah di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor, Jawa Barat. Untuk mengabdikan diri dalam kegiatan sosial bertajuk literasi dan taman bacaan. Hanya untuk meningkatkan kegemaran membaca anak-anak usia sekolah (dari yang tadinya tidak punya akses bacaan), mengajar baca tulis hitung (calistung) anak-anak kelas pra sekolah, mengajar baca-tulis kaum buta huruf, mengelola koperasi simpan pinjam, memfasilitasi praktik literasi digital dan literasi finansial, hingga menjalankan aktivitas motor baca keliling ke kampung-kampung untuk sediakan akses bacaan. Taman bacaan bukan hanya “gudang buku” tapi konsisten berkegiatan untuk menebar manfaat kepada orang lain. Menjadikan taman bacaan sebagai ladang amal, sekaligus sarana memperbaiki diri. Sehingga menjadi rekam jejak yang baik tanpa peduli penilaian orang lain.

Kenapa kita harus hadir di muka bumi? Untuk apa sebenarnya Allah SWT menciptakan langit, bumi, dan segala isinya? Dan siapa sebenarnya kita ini di hadapan-Nya? Itulah semua pertanyaan yang mendasar untuk kita jawab dengan segera. Agar kita mau dan mampu menuliskan rekam jejak di dunia sebagaimana mestinya, sesuai perintah-Nya.

Maka rekam jejak siapapun bukan yang diomongkan tapi yang dilakukan untuk sesama, untuk orang lain agar lebih berdaya. Karena “Siapa yang melakukan kebaikan meskipun sangat sepele, dia akan melihat balasannya. Siapa yg melakukan keburukan meskipun sangat sepele, dia akan melihat balasannya” (QS. Al-Zalzalah: 7-8).

Rekam jejak hanya memberi pesan. Bahwa di dunia kita memilih tapi di akhirat kita dipilih, Berhati-hatilah dan jadilah literat! Salam literasi.

SYARIFUDIN YUNUS

Pegiat Literasi TBM Lentera Pustaka

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular