Wednesday, April 17, 2024
HomePolitikaDaerahLTMNU Banyumas Turba Sosialisasikan MMC di Masjid An-Nur Pajerukan

LTMNU Banyumas Turba Sosialisasikan MMC di Masjid An-Nur Pajerukan

Takmir Masjid dan Mushola di wilayah Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas menerima cinderamata seusai mengikuti sosialisasi manajemen masjid-masjid cerdas (MMC) di Masjid An-Nur Desa Pajerukan, Kecamatan Kalibagor,  Kabupaten Banyumas, Sabtu (23/3/2024). (foto: djarmanto)

Banyumas, – Takmir Masjid dan Mushola NU di wilayah Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, antusias mengikuti sosialisasi manajemen masjid masjid cerdas (MMC), bertempat di Masjid An-Nur Desa Pajerukan, Kecamatan Kalibagor, Sabtu (23/3/2024).

Kegiatan menyesuaikan jadwal jamaah shalat isya’ dan tarawih di Masjid An-Nur Desa Pajerukan. Dan pada roadshow kali ini juga dilaksanakan penyerahan 25 paket sembako kepada jama’ah yang berhak menerima. Bantuan sembako bersumber dari program kerja Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Cabang Kabupaten Banyumas, bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Banyumas.

“Kegiatan dilaksanakan atas sinergitas antara MWC NU Kecamatan Kalibagor bersama Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Kabupaten Banyumas,” kata Wasis Fahrudin S.Ag. selaku Tanfidziah MWC NU Kalibagor.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tanfidziah MWC NU Kalibagor, Wasis Fahrudin berharap peserta sosialisasi dapat mempraktikkan ilmu yang didapat, dan dipraktikkan langsung di mushola dan masjid masing-masing.

Hadir sebagai narasumber kegiatan adalah Ketua dan pengurus Cabang LTM NU Kabupaten Banyumas H. Dr. Imam Tahyudin. Agenda sosialisasi juga dilaksanakan dalam rangka menyelaraskan program kerja LTMNU mulai dari PC, MWC hingga ranting.

“Sosialisasi di wilayah MWC NU Kalibagor kali ini merupakan rangkaian roadshow putaran kedelapan LTM NU Kabupaten Banyumas, yang sebelumnya telah dilaksanakan juga di tujuh wilayah kecamatan atau MWC. Ketujuh MWC dimaksud adalah Lumbir, Kedungbanteng, Baturraden, Sumbang, Ajibarang, Purwokerto Selatan, dan Rawalo.” ungkapnya.

Selaku Ketua dan Pengurus LTM NU Cabang Kabupaten Banyumas, Imam Tahyudin dan jajarannya sangat mengapresiasi MWC NU Kalibagor atas semua kesiapan sebagai tuan rumah kegiatan sosialisasi.

Dalam paparannya, Imam menyebut setidaknya ada tiga fungsi masjid yang harus dioptimalkan. Ketiga fungsi dimaksud adalah masjid sebagai (1) pusat peribadatan, (2) pusat pendidikan, dan (3) pusat kegiatan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat. Dan Imam, juga menatuh harapan kepada takmir masjid di Kecamatan Kalibagor bisa jadi percontohan bagi wilayah yang lainnya.

Takmir Masjid dan Mushola di wilayah MWC NU Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas saat mengikuti sosialisasi manajemen masjid-masjid cerdas (MMC) di Masjid An-Nur Desa Pajerukan, Kecamatan Kalibagor,  Kabupaten Banyumas, Sabtu (23/3/2024). (foto: djarmanto)

Di tempat terpisah, Ketua LKKNU Cabang Banyumas H Abdul Kodir, saat dikonfirmasi awak media Minggu (24/03/2024) malam setelah waktu sholat tarawih, melalui jaringan telepon, menyampaikan kegiatan itu merupakan sinergi antara LTMNU bersama LKKNU cabang Kabupaten Banyumas.

“Sebagai bentuk pemberdayaan masjid dan jama’ah sehingga tetap istiqomah dalam menjalankan misi aswaja an-nahdliyyah,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan, Ketua dan pengurus LTMNU Cabang dan jajarannya, perwakilan pengurus LKKNU Eva Lutfiati Khasanah, Ketua dan pengurus MWC NU Kec Kalibagor Wasis Fahrudin, Ketua dan Pengurus PRNU Desa Pajerukan, banom dan lembaga NU setempat, Ketua dan pengurus mushola, masjid se Kecamatan Kalibagor, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempaat, jama’at masjid An-Nur Desa Pajerukan, dan undangan lainya. Diakhir acara dengan ramah tamah dan foto bersama.

(djarmanto/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular