Monday, July 15, 2024
spot_img
HomeEkonomikaKetua DPR: Jadikan Asian Games Sebagai Mercusuar Perdamaian Dunia

Ketua DPR: Jadikan Asian Games Sebagai Mercusuar Perdamaian Dunia

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo

 

JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 dapat dijadikan sebagai momentum bersama dalam menciptakan perdamaian dunia.

Asian Games 2018 yang secara resmi akan dibuka beberapa jam lagi ini, harus dijadikan spirit bagi negara-negara Asia dalam merekatkan persaudaraan. Sehingga, bisa menjembatani dalam mengatasi krisis sosial, politik, maupun ekonomi akibat konflik dan permasalahan di berbagai belahan dunia.

“Mari kita tunjukkan bahwa Asian Games memiliki filosofi mendalam yang mencerminkan kesehatan dan kekuatan jasmani dan rohani, serta mengharmonikan antara keolahragaan, kebudayaan, dan persaudaraan antar bangsa. Olahraga mengajarkan kita untuk sportif, saling menghargai dan menghormati. Sehingga, mampu menjadi mercusuar bagi perdamaian dunia,” ujar Bambang Soesatyo usai menerima api obor Asian Games dalam rangkaian torch relay di Kompleks DPR RI, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) pagi.

Sebelum dibawa ke Gelora Bung Karno untuk digunakan dalam opening ceremony Asian Games 2018, api obor yang telah mengelilingi Indonesia ini diserahkan terlebih dahulu oleh Chris John kepada Ketua DPR RI di kompleks DPR RI. Selanjutnya oleh Bamsoet -sapaan akrabnya-, api obor diberikan kepada Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto untuk dibawa ke pintu gerbang DPR RI dan kemudian diserahkan kepada Anggota DPR RI Bara Hasibuan yang akan membawa api obor sampai Gedung Manggala Wanabakti untuk acara torch relay selanjutnya.

“Dalam proses penyelenggaraan Asian Games 2018, DPR RI telah memberikan dukungan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Baik dari segi penyediaan anggaran, maupun dalam membantu koordinasi antar berbagai pihak. Kami juga menyiapkan lahan di DPR RI sebagai tempat parkir kendaraan bus bagi atlet maupun official team. Sesuai prinsip kerja Presiden Jokowi, kita Kerja Bersama,” imbuh politikus Golkar itu.

Sosok yang juga Ketua Badan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) ini mengingatkan kepada para seluruh atlet maupun official team yang sebentar lagi akan disibukkan dengan pertandingan, agar mengedepankan sikap persaudaraan dan sportifitas. Olahraga jangan direduksi menjadi sekadar persoalan menang dan kalah.

“Jika fokus hanya sekadar menang dan kalah, maka yang akan ditampilkan adalah perilaku ketidakjujuran ataupun perilaku amoral lainnya. Olahraga seperti Asian Games harus menjadi instrumen membentuk karakter, baik individu pribadi maupun sebuah bangsa,” tegasnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini tak lupa meminta seluruh masyarakat Indonesia selalu memberikan doa dan dukungan bagi para atlet Indonesia yang akan berjuang dalam pertandingan. Terlepas dari menang atau kalah, para atlet nasional Indonesia merupakan pejuang bangsa yang tak boleh dibiarkan berjuang sendirian.

“Jangan biarkan para atlit Indonesia berjuang sendirian. Mari kita berikan doa dan dukungan. Dan yang tak kalah penting, sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games, kita juga harus tunjukan dan perlihatkan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa beradab dengan memuliakan para tamu yang datang,” pungkasnya.

(bti)

RELATED ARTICLES

Berita Terbaru

Most Popular