Thursday, April 25, 2024
HomeSains TeknologiKesehatanKeren, Dosen UNAIR Sabet Runner Up Academic Leader 2019

Keren, Dosen UNAIR Sabet Runner Up Academic Leader 2019

Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, dr., Sp.KK(K), FINSDV., peraih runner up Academic Leader Award 2019 saat menerima piagam penghargaan. (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Usai melakukan kunjungan untuk visitasi penghargaan dosen sebagai Academic Leader 2019 ke Universitas Airlangga pada bulan lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Selasa (1/10/2019), akhirnya merilis beberapa peraih penghargaan Academic Leader 2019.

Pada ajang tahunan bergengsi itu, UNAIR yang diwakili oleh salah satu dosen di Fakultas Kedokteran UNAIR yang juga seorang peneliti dan dokter di RSUD Dr. Soetomo yakni Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, dr., Sp.KK(K), FINSDV., berhasil meraih Runner Up Academic Leader Tahun 2019 untuk bidang Ilmu Kesehatan.

Mengenai hal itu, secara terpisah, Prof. Cita menyatakan, “Alhamdulillah, pencapaian ini dapat terjadi berkat dukungan dan doa luar biasa dari seluruh pimpinan dan sejawat dosen serta seluruh tim inovasi, untuk itu ijinkan saya haturkan terima kasih,” ujar Prof. Cita kepada redaksi cakrawarta.com, pada Rabu (2/10/2019).

Menurut Prof. Cita, keberhasilan inovasi atau terobosan sangat tergantung bagaimana tim bekerja sama degan solid dan agile.

“Sebagai dosen, tentu patokan kita adalah tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan sebagai dokter kita mengenal five stars doctor berdasar kriteria WHO yaitu sebagai care provider, decision maker, communicator, community leader dan manager,” imbuhnya.

Menurut wanita berparas ayu ini, inovasi yang dirinya ajukan adalah yang pertama sesuai bidang keilmuannya sebagai Spesialis Dermatologi Venereologi.

“Bidang ini merupakan pengembangan sekretom mesenchymal stem cell sebagai penyembuh luka kronis pasien kusta dan peremajaan kulit,” jelasnya.

Prof. Cita menyatakan bahwa dirinya sebagai Direktur pendidikan profesi dan penelitian RSUD Dr. Soetomo yang merupakan Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga akan terus mengembangkan inovasi di bidang pendidikan dan penelitian.

“Harapan ke depan dapat mendukung secara maksimal implementasi Academic Health System Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga – RSUD Dr Soetomo dalam melakukan berbagai inovasi dan terobosan untuk menyelesaikan masalah kesehatan di Jawa Timur dan Indonesia,” tandasnya.

(sw/bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular