Tuesday, February 27, 2024
HomePolitikaKeamananKe Waduk Kedungombo, Kapolda Jateng Cek Sistem Pengamanan Liburan Nataru

Ke Waduk Kedungombo, Kapolda Jateng Cek Sistem Pengamanan Liburan Nataru

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat melaksanakan pengecekan sistem pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Waduk Kedungombo, Kabupaten Grobogan, Selasa (26/12/2023). (foto: ist)

GROBOGAN – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi melaksanakan kunjungan asistensi pengamanan dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di tempat wisata Waduk Kedungombo, Kabupaten Grobogan, pada Selasa (26/12/2023).

Didampingi sejumlah PJU Polda dan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan, asistensi yang dilakukan Kapolda merupakan bentuk dari upaya Polri memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang berkunjung selama musim liburan.

Dalam keterangan tertulisnya, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu menyebut Kapolda melaksanakan kunjungan untuk memastikan kegiatan wisata masyarakat selama liburan Nataru tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

Dari kunjungan tersebut, Kapolda memberikan arahan terkait sistem pengamanan yang telah diterapkan antara lain kesiapan personel, pos pengamanan dan pelayanan, serta koordinasi antar instansi yang terlibat dalam pengamanan.

“Termasuk kelaikan sarana di tempat wisata serta teknis pelaksanaan patroli yang dilakukan guna mencegah terjadinya tindak kriminal dan kecelakaan yang dialami oleh wisatawan,” kata Kapolda.

Berdasar data, diketahui Provinsi Jawa Tengah memiliki daya tarik wisata sebanyak 1.130 dengan rincian 418 Wisata Alam, 175 Wisata Budaya, 365 Wisata Buatan, 76 Wisata Minat Khusus dan 96 daerah tujuan lainnya.

Dalam operasi lilin candi 2023, Polda Jateng mendirikan pos pengamanan di 31 lokasi wisata yang selama ini menjadi favorit wisatawan di Jawa Tengah.

“Untuk lokasi-lokasi wisata lain juga dilakukan pengamanan namun dilaksanakan berdasar skala prioritas dan perkiraan kerawanan kamtibmas,” tandas Kabidhumas.

Disebutnya, Polda Jateng bersama stake holder terkait berkepentingan agar pada masa libur Nataru tidak terdapat insiden menonjol dan perjalanan wisata masyarakat berjalan aman serta lancar.

“Tidak hanya pengamanan tempat ibadah. Kita juga ingin memastikan bahwa masyarakat dapat menikmati liburan dengan aman dan tenteram. Oleh karena itu, kita perkuat pengamanan di tempat-tempat yang menjadi destinasi wisata, termasuk Waduk Kedungombo,” ujarnya.

Kabidhumas mengimbau masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata agar tetap mematuhi aturan dan petunjuk keamanan yang telah ditetapkan.

“Baik dari pihak personel pengamanan maupun dari pengelola tempat wisata. Hal yang terpenting adalah kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menciptakan suasan liburan yang aman dan nyaman bagi semua. Semoga suasana liburan Nataru kali ini menjadi momen yang menyenangkan bersama sanak famili,” tandasnya mengakhiri keterangan.

(Alfa/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular