Wednesday, April 17, 2024
HomePendidikanKabar Gembira, Mahasiswa Asing Bisa Kuliah di Unair Pakai Beasiswa ADS dan...

Kabar Gembira, Mahasiswa Asing Bisa Kuliah di Unair Pakai Beasiswa ADS dan KNB

Beberapa mahasiswa asing yang berasal dari negara-negara berkembang dan tengah menempuh studi S2 dan S3 di Universitas Airlangga tengah berfoto dengan latar belakang kantor Manajemen Unair Kampus C Surabaya. (foto: istimewa)

SURABAYA – Sebagai salah satu upaya memberdayakan negara berkembang, Universitas Airlangga (Unair) memfasilitasi beberapa beasiswa bagi mahasiswa asing dari negara berkembang untuk dapat menjalani perkuliahan di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini. Program beasiswa yang diberikan menjadi bukti dukungan Unair dalam mengentaskan kemiskinan global yang merupakan poin pertama dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Unair memiliki program bantuan pendidikan yang ditawarkan bagi para mahasiswa asing yang berminat menempuh pendidikan pada program Magister (S2) dan Doktoral (S3). Program itu diberi nama Airlangga Development Scholarhip (ADS).

Sukardiman selaku Direktur Pendidikan Unair mengatakan bahwa beasiswa yang digagas sejak 2014 ini merupakan wujud komitmen kampusnya dalam menyaring mahasiswa yang berpotensi berkembang di negara asalnya.

“Unair memberikan kemudahan akses pendidikan bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik unggul, tetapi secara ekonomi kurang mampu. Sehingga mahasiswa dapat melanjutkan studi di Unair untuk pendidikan dan masa depan yang lebih baik,” papar Sukardiman pada media ini, Jumat (10/2/2023).

Sukardiman menjelaskan bahwa Unair juga kembali dipercaya untuk menampung mahasiswa asing penerima Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (Developing Countries Partnership/KNB) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Beasiswa KNB ditawarkan kepada mahasiswa dari negara berkembang untuk dapat melanjutkan pendidikan sarjana, magister atau doktoral di beberapa perguruan tinggi terpilih di Indonesia, salah satunya UNAIR. Tahun ini, program KNB membuka pendaftaran hingga 18 Februari 2023 di situs https://knb.kemdikbud.go.id/,” imbuh Sukardiman.

Melalui kedua program itu, Sukardiman berharap mahasiswa asing dapat meningkatkan kedudukan intelektual, kompetensi, dan mendapat peluang profesional yang lebih luas.

“Karena selain menyediakan pengalaman belajar yang baik, mahasiswa asing di Unair juga dapat secara langsung berdampingan dengan masyarakat yang multikultural dan multibahasa,” tukasnya.

Lebih lanjut, menurut Sukardiman, mahasiswa internasional di Unair dapat mengikuti berbagai kegiatan yang digawangi oleh Airlangga Global Engagement (AGE) yakni Field Trips, Cultural Trips, International Students Association (ISA), coaching Jurnal, International Community Development, dan lain-lain.

Selain menjadi komitmen Unair dalam membantu masyarakat global menghadapi tantangan sosial-ekonomi, keterlibatan UNAIR, lanjut Sukardiman, dalam memfasilitasi program-program tersebut juga dilangsungkan demi menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik, khususnya bagi negara berkembang.

“Keberadaan program KNB dari Kemdikbud Ristek, dan khususnya ADS yang diselenggarakan murni oleh Unair, telah berdampak bagi ratusan mahasiswa dari berbagai negara. Kontribusi ini kemudian mengakselerasi capaian Unair dalam berbagai pemeringkatan skala global, salah satunya yakni posisi 201-300 dunia dan peringkat ke-5 di Indonesia versi THE Impact Ranking,” tandas salah satu guru besar Unair tersebut mengakhiri keterangannya.

(mar/pkip/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular