Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomePolitikaDaerahHarkitnas 2023: Semangat Bangkit Wujudkan Indonesia Emas 2045!

Harkitnas 2023: Semangat Bangkit Wujudkan Indonesia Emas 2045!

Korem 081/DSJ menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 di Halaman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Senin (22/5/2023). (foto: arwang/penrem 081)

MADIUN – Dengan dilandasi semangat untuk bangkit, Korem 081/DSJ menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 di Halaman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Senin (22/5/2023).

Dandenkesyah 05.04.01 Madiun drg. Ibnu Sina, Sp.Pros. yang bertindak sebagai Irup membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Di awal amanatnya Menkominfo mengungkapkan, organisasi Boedi Oetomo yang merupakan cikal bakal lahirnya Hari Kebangkitan Nasional mempunyai tujuan mulia untuk memajukan bangsa Indonesia.

“Boedi Oetomo melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” katanya dalam amanat tertulis tersebut.

Di masa kemerdekaan saat ini, Menkominfo mengimbau untuk tetap harus rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Dengan dicabutnya status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 oleh WHO pada 5 Mei 2023 lalu, dirinya mengajak hal itu dapat dijadikan momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 kali ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Lebih dari itu, Hari Kebangkitan Nasional sebutnya, hendaknya juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global. Baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Menkominfo pun menegaskan, kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional. Mulai dari memimpin forum G20 yang beranggotakan 20 negara regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, hingga kepemimpinan Indonesia dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu.

Dengan tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia itu, Menkominfo Johnny G. Plate mengajak untuk dijadikan momentum guna mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi COVID-19 dan sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

(arwang/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular