Sunday, February 25, 2024
HomePolitikaGanjar-Mahfud Berpeluang Raih Suara Lebih Besar di Jawa Barat

Ganjar-Mahfud Berpeluang Raih Suara Lebih Besar di Jawa Barat

Ketua Pasukan Perang Darat (PPD) Washinton P. Situmorang saat melakukan giat canvassing di salah satu daerah di Jawa Barat beberapa waktu lalu. (foto: agung)

JAKARTA – Penerimaan warga Jawa Barat terhadap Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo- Mahfud MD secara umum baik. Hal itu nampak selama aksi canvassing yang dilakukan oleh tim Pasukan Perang Darat (PPD) di 27 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dan 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten.

“Kami yakin pasangan Ganjar-Mahfud akan meraih suara lebih baik ketimbang yang pernah dicapai Joko Widodo dalam Pilres 2014 dan 2019 lalu,” ujar Ketua Pasukan Perang Darat (PPD) Washinton P. Situmorang pada media ini, Rabu (24/1/2024) di Jakarta.

PPD adalah salah satu kelompok relawan yang bekerja mendukung kemenangan Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden 2019 lalu namun kini memilih mendukung Pasangan Ganjar-Mahfud. Berbeda dengan sebelumnya, saat mendukung Joko Widodo, PPD lebih banyak berkonsentrasi di wilayah perkotaan, kini memilih untuk melebarkan wilayah kerjanya di bagian Barat Pulau Jawa.

“2019 PPD menyuarakan Jokowi-Ma’ruf Amin di perempatan-perempatan lampu merah, di pasar-pasar, di stasiun- stasiun kereta api dan di sudut-sudut kota di wilayah Jabodetabek. Sekarang kita berusaha lebih lagi untuk memenangkan Ganjar-Mahfud MD, kita suarakan di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten, sampai ke pelosok-pelosok desa,” paparnya.

“Wilayah Jawa Barat penting karena DPT-nya paling besar untuk itu kami sengaja mendatangani wilayah yang nampak sudah atau akan jadi basis calon lain,” ujar Washinton usai merampungkan perjalanan canvassing selama hampir 2 bulan mulai tanggal 28 November hingga 15 Januari 2024.

Namun kenyataan yang dijumpai, lanjut alumni ITB itu, banyak warga yang menyatakan tertarik kepada karakter Ganjar-Mahfud. Mereka pingin lebih jauh mengenal program kerja yang ditawarkan misalnya, satu keluarga miskin satu sarjana, sarana atau fasilitas kesehatan, KTP Sakti dan yang lainnya.

Oleh karenanya saat berada di daerah-daerah seperti kota Bandung, kabupaten Bandung, kota Tasikmalaya, kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Garut, Sukabumi, kabupaten Bogor, kabupaten Bekasi dan lain-lain, Tim PPD membagikan lebih dari dua ratus ribu paket APK kepada warga setempat yang antusias menyambut. Mereka senang mendapatkan kalender, leaflet yang berisi program Ganjar-Mahfud serta kaos. Mereka juga akan memakai kaos Ganjar-Mahfud dalam kegiatan sehari-hari.

“Cara ini tentu akan membuat warga lebih mengenal keunggulan, kemampuan kedua sosok yang memang telah membuktikan mampu bekerja,” tukasnya.

Menurutny, Tim PPD telah mendatangi 258 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten. Kelompok-kelompok warga yang tertarik namun belum banyak mengenal diharapkan akan memutuskan memilih memperkuat elektabilitas.

“PPD bekerja dengan acuan analisa data dunia maya. Sehingga ada kombinasi aktifitas di darat dan udara. Pola ini merupakan ujud metode kerja kampanye modern untuk mendapat informasi akurat di tengah informasi data-data lembaga survei yang mesti diuji langsung akurasinya,” pungkasnya.

(agung/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular