Monday, July 22, 2024
spot_img
HomePendidikanBISMA, Cara Menikmati Malam Minggu Ala IKADI Surabaya

BISMA, Cara Menikmati Malam Minggu Ala IKADI Surabaya

Para pemuda Surabaya berkumpul menikmati malam minggu berbeda mereka dengan mengikuti program BISMA dari IKADI Surabaya yang diselenggarakan di Masjid Baitul Falah, Jalan Ngagel Jaya Barat, Surabaya, Sabtu (25/11/2023) malam. (foto: Sulaiman Rhosyid)

SURABAYA – Malam minggu merupakan malam yang panjang. Hal ini disebabkan karena esok hari orang-orang tidak harus bekerja atau sekolah.

Malam minggu seringkali menjadi waktu ketika kehidupan malam sebuah kota menjadi penuh warna. Restoran, klub, bar, dan tempat hiburan lainnya menyediakan berbagai acara khusus pada malam minggu.

IKADI kota Surabaya pun seolah tak ingin ketinggalan. Salah satu ormas keagamaan ini berinisiatif untuk mengisi malam minggu warga surabaya dengan cara berbeda dan lain daripada yang lain. IKADI memanfaatkan malam minggu melalui acara BISMA.

“Bina Iman Spiritual Malam Ahad atau BISMA merupakan salah satu program dari bidang dakwah IKADI Kota Surabaya yang diadakan rutin setiap satu bulan sekali. Acara ini hasil kerja sama antara IKADI Surabaya dengan masjid-masjid yang ada di sekitar Surabaya. Adapun Susunan acaranya dimulai dengan kajian ilmu dengan tema yang sudah ditentukan, lalu i’tikaf atau berdiam diri di masjid, sholat malam, sholat subuh berjama’ah dan diakhiri dengan pembacaan dzikir pagi Al-Ma’tsurat,” ujar Ustadz Nugroho selaku Ketua Panitia BISMA Ikadi Surabaya pada media ini, Sabtu (25/11/2023) malam.

“Acara BISMA memang sengaja diadakan pada malam Ahad atau malam minggu karena ada agenda i’tikaf di masjid. Jadi peserta bisa istirahat di hari Minggunya. Selain itu, kami berharap malam Ahad warga Surabaya menjadi lebih bernilai dengan acara ini,” imbuh Nugroho.

Acara BISMA sendiri dibagi menjadi menjadi dua sesi. Sesi pertama ditujukan untuk laki-laki, acaranya dimulai dari malam hari hingga Minggu pagi. Sedangkan untuk sesi kedua ditujukan khusus untuk perempuan yang diadakan pada hari Minggunya dimulai pukul 07.30 WIB.

Ustadz H. Muhalimin, Lc., MA., tengah membawakan tema “Memenangkan Agama Alloh, Hajat siapa?” untuk peserta program BISMA di Masjid Baitul Falah yang berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Barat, Surabaya, Sabtu (25/11/2023). (foto: Sulaiman Rhosyid)

“Kami membuka peluang kerja sama dengan seluruh pengurus masjid di Surabaya untuk mengadakan acara BISMA di masjidnya,” tandas pria yang juga merupakan lulusan salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya ini.

Untuk program BISMA pada Sabtu (25/11/2023) kali ini membawa tema “Memenangkan Agama Alloh, Hajat siapa?”. Dimana tema ini akan  disampaikan oleh Ust. H. Muhalimin Mahir, Lc., MA. yang merupakan pengasuh kajian Ulumur Qur’an Radio Suara muslim Surabaya. Acaranya diselenggarakan di Masjid Baitul Falah yang berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Barat, Surabaya.

“Sedangkan pada hari Minggu (26/11/2023) besok pagi akan disampaikan oleh H. Fathurahman LC,., MA., selaku Ketua IIKADI Surabaya,” pungkas Nugroho.

(sule/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular