Tuesday, February 27, 2024
HomePolitikaDaerahRitual Bakar Batu, Sambut Pemilu Damai di Sinak Papua

Ritual Bakar Batu, Sambut Pemilu Damai di Sinak Papua

Ritual Bakar Batu oleh warga Distrik Sinak, Papua beserta Satgas TNI 300 Siliwangi, Kamis (8/2/2024). (foto: ist)

SINAK – Di tengah pegunungan Papua, tepatnya di Distrik Sinak, sebuah tradisi bernama “Bakar Batu” menjadi sorotan pada perayaan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini. Bakar batu, sebuah ritual masak massal yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan kepada Satgas TNI 300 Siliwangi dan sekaligus untuk menggalang dana pembangunan gereja.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya pada awak media di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (8/2/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Suku dan seluruh lapisan masyarakat, serta personel Satgas TNI 300 Siliwangi dan aparat keamanan setempat. Tidak hanya sekadar memasak bersama, namun ada penganugerahan “senjata adat suku Dani” sebagai tanda penghargaan kepada Satgas TNI 300 Siliwangi yang telah menjalankan tugas dengan baik.

Dalam suasana hangat tersebut, masyarakat Sinak secara sukarela memberikan sumbangan untuk pembangunan gereja, baik berupa uang, bahan makanan, ataupun hewan ternak. Meskipun sederhana, antusiasme masyarakat sangat tinggi, dengan ratusan orang dari berbagai penjuru kampung ikut hadir.

Deibinus Murib, Kepala Suku Besar Sinak, menyampaikan rasa syukur atas kerjasama Satgas TNI 300 dan aparat keamanan serta dukungan masyarakat dalam acara ini.

“Kami bersyukur atas rahmat Tuhan sampai dengan saat ini kami masih diberikan kehidupan yang baik. Semua yang dimasak pada acara bakar batu ini hasil sumbangan masyarakat. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas TNI 300 dan segenap aparat keamanan yang hadir atas kerjasama dan bantuannya sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Deibinus Murib.

Sementara itu, Satgas TNI 300 Siliwangi juga memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban selama dan pasca pemilu.

Dansatgas TNI 300 Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P mengatakan, “Dengan diadakannya acara bakar batu ini, kami berharap proses pembangunan gereja di Paluga dapat segera terselesaikan. Kami juga mengajak masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Pemilu agar dapat meraih pemimpin sesuai dengan pilihan mereka”.

Dengan semangat gotong-royong dan kerjasama lintas suku, masyarakat Sinak menyambut Pemilu dengan harapan yang damai dan berkah.

(alfa/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular