Monday, June 17, 2024
spot_img
HomePendidikanMengapa Pramugari dan Pramugara Selalu Terlihat Menarik?

Mengapa Pramugari dan Pramugara Selalu Terlihat Menarik?

Momen pendidikan dan pelatihan pramugari dan pramugara di Lion Air Group Training Center untuk sesi berpenampilan. (foto: lion air)

TANGERANG – Banyak orang yang mengagumi penampilan pramugari dan pramugara yang selalu tampil elegan dan menarik di setiap penerbangan. Lalu, apa rahasia dibalik penampilan mereka selalu memukau? Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Group, Danang Mandala Prihantoro, jawabannya berawal dari pusat pendidikan dan pelatihan pramugari dan pramugara seperti misalnya di Lion Air Group Training Center (LGTC).

“LGTC melatih keterampilan teknis dan profesionalisme para calon pramugari dan pramugara, termasuk dalam berpenampilan,” ujarnya pada media ini.

Ternyata para calon pramugari dan pramugara tampil menarik tanpa menggunakan jasa make up artis, namun dilakukan secara mandiri. “Calon pramugari dan pramugara saat training di LGTC selalu tampil menarik dan mempesona dikarenakan mereka mempelajari cara berpenampilan yang baik,” imbuh Danang.

Karena itu, ada beberapa hal yang dipelajari para pramugari dan pramugara di LGTC. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Cara berdandan mandiri sesuai standar dan citra maskapai. Mereka harus memilih warna, produk, dan teknik make up yang cocok dengan bentuk wajah, kulit dan rambut mereka.
  • Cara merawat kulit dan rambut agar tetap sehat dan bersih. Mereka harus menggunakan produk perawatan yang aman dan berkualitas, serta menghindari paparan sinar matahari dan polusi yang dapat merusak kulit dan rambut.
  • Cara memilih pakaian, sepatu serta aksesoris yang tepat sesuai dengan acara dan tempat. Mereka harus memperhatikan warna, motif, bahan, model pakaian, dan sepatu serta aksesoris yang dapat menunjang penampilan mereka.
  • Cara berkomunikasi dengan penumpang dan anggota kru lainnya secara jelas, sopan dan ramah. Mereka wajib menguasai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta bahasa asing lainnya. Mereka harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan berinteraksi dengan baik dan sopan pada penumpang dan anggota kru lainnya.
  • Cara mengatasi ketika menghadapi keluhan dengan tenang dan profesional. Mereka harus memiliki skill problem solving yang baik, serta memiliki keterampilan khusus untuk menenangkan penumpang.

Danang memaparkan bahwa dalam pelatihan tersebut ada durasi waktu yang dibutuhkan untuk persiapan penampilan ala pramugari dan pramugara sehingga efektif dan efisien dalam menunjang pekerjaan mereka ketika sudah bekerja di dalam pesawat terbang.

Mengutip data dari LGTC, lanjutnya, didapatkan bahwa durasi waktu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Riasan wajah: sekitar 15-20 menit. Membersihkan wajah dan mengaplikasikan pelembab. Khusus pramugari, menggunakan primer, foundation, concealer, bedak, blush on, eyeshadow, eyeliner, maskara, pensil alis dan lipstik.
  • Rambut: sekitar 10-15 menit. Menyisir atau menata rambut sesuai dengan standar perusahaan Lion Group.
  • Pakaian: sekitar 5-10 menit. Mengenakan dan menyesuaikan pakaian, sepatu serta aksesoris yang sesuai dengan acara dan tempat. Juga memperhatikan gaya dan ukuran yang dapat menunjang penampilan.

“LGTC berkomitmen mencetak pramugari dan pramugara yang berkualitas dengan memberikan pelayanan prima, serta memiliki penampilan yang elegan dan menarik. LGTC percaya bahwa penampilan yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja para pramugari dan pramugara, untuk memberikan kesan positif kepada para penumpang,” pungkas Danang.

(rils/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular