Monday, March 4, 2024
HomePendidikanIngin Kuliah Gratis di Unair? Berikut Beragam Jenis Beasiswa yang Tersedia Untukmu

Ingin Kuliah Gratis di Unair? Berikut Beragam Jenis Beasiswa yang Tersedia Untukmu

ilustrasi. (foto: bustomi/cakrawarta)

SURABAYA – Tidak lama lagi pembukaan seleksi mahasiswa baru di seluruh Indonesia akan berlangsung. Biasanya, para calon mahasiswa tidak hanya fokus menentukan perguruan tinggi dan program studi incaran. Sebagian besar dari mereka juga mencari-cari beasiswa apa saja yang tersedia.

Kini, para calon mahasiswa tidak perlu lagi khawatir. Pasalnya, ada beragam penawaran beasiswa baik dari pemerintah maupun pihak swasta. Tidak hanya itu, biasanya setiap perguruan tinggi juga menyediakan beasiswa andalan tersendiri, seperti halnya Universitas Airlangga (Unair).

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik nasional, Unair memiliki beragam beasiswa yang bisa calon mahasiswa manfaatkan, lho. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak informasi berikut!

Menurut penuturan Direktur Kemahasiswaan Unair, Prof. Dr. M. Hadi Shubhan, SH., MH., CN ada beragam beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa Unair. Salah satunya adalah beasiswa dari pemerintah.

“Terdapat beasiswa dari pemerintah, misalnya beasiswa Unggulan dan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah,” ujarnya pada media ini.

KIP-Kuliah, lanjutnya, adalah salah satu beasiswa paling banyak menerima kuota mahasiswa baru. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa hanya perlu mendaftarkan diri pada laman KIP-Kuliah dan memenuhi persyaratan lainnya seperti SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu).

“Beasiswa yang paling mudah sekali adalah beasiswa KIP-Kuliah karena hanya perlu mendaftar di laman yang tersedia. Beasiswa ini untuk mahasiswa yang punya SKTM atau KKS (Kartu Keluarga Sejahtera),” imbuhnya.

Selain KIP-Kuliah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga memiliki beasiswa lainnya yakni Beasiswa Unggulan. Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri ketika sudah memulai perkuliahan atau maksimal sedang berada di semester tiga.

Tidak hanya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga memberikan kesempatan pendidikan bagi calon mahasiswa. Beberapa beasiswa tersebut antara lain adalah beasiswa Pemuda Tangguh Pemerintah Kota Surabaya, beasiswa KJMU (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta), dan Jabar Future Leadership Scholarship (JFLS).

Kesempatan beasiswa lainnya datang dari mitra yang bekerja sama dengan Unair. Mitra tersebut antara lain berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun korporasi swasta.

Beberapa beasiswa dari BUMN tersebut antara lain adalah BRI SMART, Beasiswa Bank Indonesia skema unggulan dan reguler, dan Beasiswa Bank Syariah Indonesia. Sementara itu, dari korporasi dan lembaga swasta antara lain adalah Bakti BCA, Beasiswa Pertamina, Beasiswa VDMI, Djarum Bhakti Pendidikan, Beasiswa BAZNAS Nasional, dan Yayasan Karya Salemba Empat.

Untuk pendaftaran beasiswa-beasiswa tersebut, biasanya terlaksana minimal setelah dua semester perkuliahan. Sebab, beasiswa mitra memerlukan persyaratan khusus, misalnya prestasi, capaian nilai, hingga keaktifan organisasi. Terkait jalurnya, pembukaan beasiswa bisa langsung oleh mitra terkait maupun melalui Unair sebagai perantara.

“Jika melalui Unair biasanya kita serahkan ke fakultas masing-masing karena terkadang beasiswa itu mensyaratkan bidang tertentu, nilai tertentu,” jelasnya.

Tidak cukup itu saja, Unair ternyata juga memiliki beasiswa sendiri, lho. Pemberian beasiswa tersebut khusus bagi para penghafal kitab suci semua agama yang ingin melanjutkan pendidikan di Unair.

“Kemudian juga ada beasiswa untuk tahfidz Al-Qur’an. Mereka yang hafal minimal lima juz akan bebas uang kuliah tunggal (UKT). Beasiswa ini juga berlaku bagi penghafal kitab suci dari agama lainnya,” tuturnya.

Beasiswa Unair, lanjutnya, tidak hanya berupa biaya pendidikan gratis. Akan tetapi, Unair juga memberikan keringanan UKT bagi para mahasiswa pada setiap semester. Pemberian keringanan ini menjadi bentuk komitmen Unair dalam membantu mahasiswa agar tetap bisa belajar lancar.

Dengan adanya beragam beasiswa di Unair itu, harapannya calon mahasiswa tidak lagi takut untuk berkuliah. Seperti halnya yang Hadi katakan, “Tidak ada alasan untuk tidak kuliah, baik itu alasan finansial atau yang lainnya. Jadi, para calon mahasiswa jangan berputus asa!”

Bagi para calon mahasiswa baru Unair yang ingin mengetahui lebih jauh informasi seputar beasiswa di Unair bisa langsung mengakses laman kemahasiswaan Unair di https://kemahasiswaan.unair.ac.id/tentang-beasiswa/. Selain itu, calon mahasiswa juga bisa mendapatkan update beasiswa lainnya di media sosial Instagram @ditmawa.unair.

(pkip/mar/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular