Tuesday, July 23, 2024
spot_img
HomeEkonomikaDaerahIIBF Jatim Kenalkan Gerakan Ayo Beli Indonesia Pada Peserta Car Free Day

IIBF Jatim Kenalkan Gerakan Ayo Beli Indonesia Pada Peserta Car Free Day

Ratusan Peserta Bergerak Gelorakan Semangat Beli Indonesia pada Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (25/10).
Ratusan Peserta Bergerak Gelorakan Semangat Beli Indonesia pada Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (25/10).

SURABAYA – Hari ini, Minggu (25/10) ada yang terlihat berbeda dalam perhelatan rutin mingguan, Car Free Day (CFD) di Taman Bungkul, Surabaya. Ada kegiatan apel dari berbagai komunitas yang mengusung tema besar “Beli Indonesia, Bela Indonesia”. Kegiatan apel yang serentak dilakukan di 5 daerah di seluruh Jawa Timur hari ini adalah rangkaian acara Kongres Gerakan Beli Indonesia yang adakan diselenggarakan di Jakarta pada 2016 mendatang.

“Pagi ini di Jatim serentak kegiatan apel dilakukan di 5 tempat yakni CFD Taman Bungkul Surabaya, CFD Jalan Ijen Malang, CFD Taman Blambangan Banyuwangi, CFD Alun-Alun Bojonegoro dan CFD Alun-Alun Kediri,” ujar Choirul Hidayat Korwil Indonesia Timur Gerakan Ayo Beli Indonesia, saat diwawancara seusai acara, Minggu (25/10).

Menurut keterangan dari Choirul yang juga Ketua Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Jawa Timur ini, kegiatan ini menargetkan untuk mengenalkan Gerakan Beli Indonesia ke masyarakat dan membangun sinergi antar komunitas Islam di Jawa Timur.

“Alhamdulillah acara ini melibatkan sekitar 1000 orang di 5 tempat seluruh Jawa Timur hari ini dan mendapat respon yang luar biasa dari teman-teman komunitas lain,” imbuh Choirul yang juga Direktur ABI, sebuah perusahaan percetakan media ini.

Dalam kegiatan apel di Taman Bungkul hari ini, juga melibatkan komunitas muslim lain yang turut hadir dalam upaya mengenalkan Gerakan Beli Indonesia tersebut yakni di antaranya Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Hidayatullah, Wirausaha Muslim (WM), Generasi Produktif (GenPro) Jatim, Ikatan Saudagara Muslim Indonesia (ISMI), dan ESQ yang dimotori oleh IIBF Jawa Timur.

Untuk diketahui, Gerakan Beli Indonesia ini adalah sebuah gerakan pembangunan ideologi pembelaan terhadap bangsa sendiri, terus menggelorakan semangat untuk terus melakukan perbaikan dan perumusan cara bermain yang lebih efektif-efisien dan penguatan semangat perjuangan yang lebih kokoh secara masif dan struktural.

Saat ini, ruh gerakan Beli Indonesia masuk ke dalam berbagai lini baik di sektor pemerintahan seperti gerakan Beli Kulon Progo dan gerakan Beli Depok, atau di dalam institusi non-pemerintah seperti saat Gerakan Beli Indonesia diminta untuk terlibat membidani program kebangkitan ekonomi Nahdlatul Ulama (NU) dan proyek pabrik pesawat terbang R80 yang diprakarsai oleh Presiden BJ Habibie. Selain itu, masih banyak ormas-ormas, universitas-universitas, pesanren-pesantren, sekolah-sekolah, asosiasi-asosiasi, bahkan kelompok-kelompok diskusi para tokoh yang secara sinergi terintegrasi dengan gerakan Beli Indonesia.

Sinergi tersebut akan direkatkan, dikuatkan, dan dideklarasikan pada Kongres gerakan Beli Indonesia 2016 di Jakarta. Kongres ini bertujuan mengajak para pemimpin, kepala pemerintahan nasional/daerah, ulama, tokoh masyarakat, tetua adat, dan para pengusaha Indonesia untuk membangun kebersamaan visi dan langkah perjuangan membangun karakter dan kemandirian ekonomi Indonesia menuju kejayaan bangsa.

(ch/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular