Wednesday, February 21, 2024
HomeEkonomikaDaerahDi Sukabumi Jokowi Bagikan 5.500 Sertifikat

Di Sukabumi Jokowi Bagikan 5.500 Sertifikat

Presiden Joko Widodo berbincang dengan salah seorang warga Sukabumi usai penyerahan secara simbolik 5.500 sertifikat tanah se-Sukabumi, Kamis (31/8/2017). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan salah seorang warga Sukabumi usai penyerahan secara simbolik 5.500 sertifikat tanah se-Sukabumi, Kamis (31/8/2017). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

SUKABUMI – Pemerintahan Jokowi-JK terus berupaya melakukan percepatan kebijakan sertifikasi lahan dan pertanahan. Untuk itu, dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi pada Kamis (31/8/2017), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatannya dengan menyerahkan sertifikat untuk rakyat se-Sukabumi.

Sebanyak 5.500 sertifikat hak atas tanah diserahkan kepada para warga yang berasal dari sejumlah kecamatan dan kelurahan yang ada di kota dan kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya, Jokowi kembali menekankan pentingnya sertifikat sebagai bukti hukum yang sah atas kepemilikan tanah yang dimiliki masyarakat. Oleh karena itu, Presiden meminta agar masyarakat menyimpan sertifikat tersebut di tempat yang aman.

“Saya titip sertifikat ini disimpan, dimasukan ke dalam plastik, menghindari rumah bocor. Tolong fotokopi, supaya nanti kalau hilang mudah mengurusnya,” ujar Jokowi di Lapangan Secapa Polri, Sukabumi.

Jokowi juga menyatakan bahwa sertifikasi lahan bisa menjadi cara baru untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial ekonomi, khususnya di perdesaan. Masyarakat bisa memanfaatkan sertifikat yang dimilikinya untuk menambah modal usaha atau hal-hal produktif lainnya.

“Biasanya kalau sudah pegang ini untuk agunan ke bank. Tidak apa-apa, tapi ingat, saya titip, kalau pinjam uang di bank itu dihitung, dikalkulasi, bisa nyicil nggak? Bisa bayar nggak?. Saya hanya titip hati-hati. Kalau mau pinjam ke bank, betul-betul dikalkulasi,” pesannya kepada para penerima sertifikat tanah.

(bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular