Sunday, April 21, 2024
HomePolitikaAwas, Polri Himbau Masyarakat Waspadai Hoax Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024!

Awas, Polri Himbau Masyarakat Waspadai Hoax Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024!

Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Satake Bayu Setianto. (foto: istimewa)

SEMARANG – Polri meminta masyarakat untuk mewaspadai peredaran hoax pasca pemungutan suara Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah dalam keterangan persnya di Mapolda Jawa Tengah, Semarang, pada Jumat (16/2/2024).

Kabidhumas Polda Jateng Kombespol Satake Bayu menyatakan ada sejumlah konten HOAX yang kerap muncul saat pemilu. Konten hoax tersebut, kata dia harus diwaspadai oleh masyarakat. Pihaknya menghimbau masyarakat agar hati-hati terhadap informasi yang tidak benar atau menyesatkan, diharapkan masyarakat tidak menelan mentah-mentah segala informasi yang diterima baik dari media sosial maupun melalui pesan berantai, melakukan cek, ricek dan kroscek terhadap informasi yang didapatkan dan teruji validitasnya sebelum disebarluaskan.

“Di masa seperti ini banyak konten HOAX yang harus kita waspadai bersama. Dihimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berita HOAX yang belum teruji kebenarannya,” katanya.

Terkait adanya konten yang disebarluaskan melalui media sosial berkaitan dengan narasi yang bersifat provokatif, Kombespol Satake Bayu menjelaskan bahwa ada mekanisme yang telah diatur mengenai hal tersebut. Misal berkaitan dengan pelanggaran maupun dugaan adanya kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu bisa dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun melalui saluran yang telah disediakan oleh negara.

“Kami himbau masyarakat tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh konten-konten HOAX yang belum tentu benar, apabila ada permasalahan silahkan ditempuh mekanisme yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

(alfa/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular