Thursday, February 22, 2024
HomePolitikaDaerahAsrama Militer Steril dari APK Pemilu, Kapenrem 081/DSJ: Kami Komitmen Jaga Netralitas!

Asrama Militer Steril dari APK Pemilu, Kapenrem 081/DSJ: Kami Komitmen Jaga Netralitas!

Penampakan beberapa area asrama militer di Kota Madiun, Kamis (4/1/2023). (foto: arwang)

MADIUN – Seluruh asrama militer di Madiun saat ini terpantau steril dari adanya Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu. Kapenrem 081/DSJ Mayor Cpl H. Eko Sudarto menyebut hal itu sebagai bentuk komitmen untuk menjaga netralitas TNI jelang Pemilu 2024.

“Kami TNI sangat memegang teguh netralitas. Selain tidak berpihak dan memberi dukungan, kami juga melarang adanya APK Pemilu dipasang di asrama militer, minimal radius 50 meter,” kata Kapenrem dalam keterangannya di Makorem 081/DSJ, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, pada Kamis (4/1/2024).

“Sesuai instruksi bapak Panglima TNI (Jenderal TNI Agus Subiyanto), kami TNI akan selalu menjaga netralitas dan independensi sesuai perundang-undangan yang berlaku,” sambungnya.

Untuk mensterilkan asrama militer dari APK Pemilu, kata Eko, satuannya juga aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan tersebut.

Lanjut, diungkapnya, upaya lain yang dilakukan adalah dengan melakukan patroli, khususnya di malam hari.

“Kita juga telah perintahkan anggota yang sedang berjaga untuk melakukan patroli pada malam hari untuk menyisir di lingkungan sekitar asrama militer. Karena malam hari biasanya waktu yang rawan (pemasangan APK) karena kurang terpantau,” jelasnya.

“Yang jelas kami tidak ingin kecolongan, kalau ada akan langsung kami turunkan. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukannya,” tegasnya.

Lebih dari itu, Kapenrem menambahkan, satuannya juga melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), partai politik, dan lembaga terkait lainnya untuk memastikan bahwa asrama militer tetap steril dari APK Pemilu.

Melalui kerjasama tersebut, Eko berharap, upaya pencegahan dapat dilakukan secara lebih efektif, dan pemahaman tentang pentingnya netralitas TNI dalam konteks politik dapat lebih disosialisasikan.

(arwang/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular